Pertimbangkan Sebelum Menggantinya! 6 Kekurangan Menggunakan Velg Jari-Jari pada Motor Matic

Pertimbangkan Sebelum Menggantinya! 6 Kekurangan Menggunakan Velg Jari-Jari pada Motor Matic

Pertimbangkan Sebelum Menggantinya! 6 Kekurangan Menggunakan Velg Jari-Jari pada Motor Matic-blibli-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kekurangan menggunakan velg jari-jari pada motor matic, menjadi sebuah pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggantinya. Hal ini dikarenakan penggunaan velg jari-jari, memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan velg racing,

velg jari-jari, atau sering disebut velg ruji-ruji, menawarkan pesona klasik dan estetika tersendiri untuk motor matic. Tampilannya yang ramping dan simpel, banyak diminati para pencinta modifikasi yang ingin membangkitkan nuansa retro pada tunggangannya.



Namun di balik daya tarik visualnya, terdapat kekurangan menggunakan velg jari-jari pada motor matic. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan secara matang, sebelum Anda memutuskan memasangnya di motor matic kesayangan.

1. Kejar Stabilitas? Velg Racing Mungkin Lebih Ideal

Salah satu kekurangan utama velg jari-jari adalah, kurang stabilnya handling pada kecepatan tinggi. Desain velg jari-jari yang lebih lentur dibandingkan velg racing, dapat menyebabkan getaran dan mengurangi kontrol motor matic saat dipacu kencang.  

BACA JUGA:Kelebihan V-Belt yang Dipasangkan pada Motor Matic

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

Hal ini terutama terasa nyata di jalanan bergelombang atau tidak rata. Bagi Anda yang gemar touring atau sering melintasi jalanan ekstra, ketidakstabilan ini tentu bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara.  

Jika performa dan pengendalian menjadi prioritas utama, velg racing dengan desainnya yang kokoh dan rigid mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.

2. Ban Tubeless? Tidak untuk Velg Jari-Jari

Teknologi ban tubeless yang minim perawatan dan kebocoran, semakin digemari para pengguna motor matic. Namun sayangnya velg jari-jari tidak didukung untuk penggunaan ban tubeless.  Velg jari-jari tidak memiliki desain kedap udara, yang dibutuhkan ban tubeless agar dapat berfungsi optimal.  

Akibatnya penggunaan ban tubeless pada velg jari-jari, berpotensi menyebabkan kebocoran udara secara perlahan. Hal ini tentu merepotkan dan mengharuskan Anda untuk lebih sering mengecek tekanan angin ban.  

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

BACA JUGA:5 Efek Negatif Sering Gonta-Ganti Merek Oli Motor Matic

Selain itu ban tubeless yang bocor pada velg jari-jari, biasanya membutuhkan penanganan lebih serius di bengkel dibandingkan ban dalam.

3. Perawatan Rutin

Jika Anda penyuka kebersihan dan kepraktisan, velg jari-jari  mungkin akan sedikit menantang.  Dibandingkan velg racing yang umumnya memiliki desain palang terbuka, velg jari-jari memiliki banyak celah dan sudut yang membuatnya lebih sulit dibersihkan.  

Debu, kotoran, dan karat dapat dengan mudah menumpuk di sela-sela jari-jari dan pelek. Velg jari-jari membutuhkan perawatan dan pembersihan yang lebih rutin, dibandingkan velg racing.  

Selain itu, kekencangan dan kesejajaran jari-jari juga perlu dikontrol dan disetel secara berkala, untuk memastikan keamanan dan performa berkendara terjaga.

4. Rawan Bengkok

Material yang umum digunakan untuk velg jari-jari  adalah besi. Dibandingkan bahan aluminium yang biasa digunakan pada velg racing, besi lebih rentan terhadap kerusakan seperti bengkok atau bahkan patah.  

BACA JUGA:Simak Nih! 4 Tips Memilih Merek Oli yang Cocok Untuk Motor Matic

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau! Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1

Kerusakan ini bisa diakibatkan oleh benturan keras saat berkendara, atau penggunaan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg.

Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan kondisi jalanan yang kurang mulus atau sering melewati medan berbatu, velg jari-jari  membutuhkan kehati-hatian ekstra.  

Kerusakan pada velg jari-jari, tentu akan berdampak pada biaya perbaikan dan tentunya mengganggu kenyamanan berkendara.

5. Pengaruh Velg Jari-Jari pada Performa

Tahukah Anda bahwa velg jari-jari umumnya lebih berat dibandingkan velg racing? Bobot yang lebih berat ini, dapat mempengaruhi performa motor matic Anda.  

BACA JUGA:Jangan Panik! Penanganan Tepat Motor Matic Kesayangan yang Terkena Banjir

BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mesin Motor Matic Cepat Overheat

Penambahan berat velg jari-jari, dapat sedikit mengurangi kemampuan akselerasi dan pengereman motor matic Anda.

Jika Anda mendambakan performa optimal dan tarikan yang responsif, velg racing dengan bobot yang lebih ringan mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun bagi pecinta gaya klasik, velg jari-jari bisa menjadi penambah estetika yang menawan.

6. Sentuhan Klasik vs Modern

Di balik kekurangannya, velg jari-jari memiliki daya tarik estetika yang tak terbantahkan.  Tampilannya yang ramping dan simpel, memberikan nuansa klasik dan retro pada motor matic.  

Bagi para pecinta gaya vintage dan modifikasi bergaya lawas, velg jari-jari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyempurnakan tampilan motor kesayangan.

BACA JUGA:7 Tips Mengendarai Motor Matic yang Baik dan Benar

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Sering Mengabaikan Perawatan Radiator Motor Matic

Namun bagi Anda yang mengikuti tren dan lebih menyukai gaya modern dan sporty,  velg racing dengan desainnya yang beragam dan kekinian mungkin lebih menarik. Pertimbangkan pula warna dan finishing velg, yang sesuai dengan keseluruhan konsep modifikasi motor Anda.

Velg jari-jari memang menawarkan pesona klasik dan estetika unik bagi motor matic. Namun, sebelum memutuskan untuk memasangnya, pertimbangkan dengan cermat beberapa kekurangannya.

Jika Anda memprioritaskan stabilitas, kemudahan perawatan, performa, dan tampilan modern. Velg racing mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.  

Namun, jika Anda ingin tampil beda dengan sentuhan klasik dan estetika retro, velg jari-jari  bisa menjadi jawabannya.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 6 Dampak Buruk Mengabaikan Perawatan Shockbreaker Motor Matic

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Inilah 6 Tanda Rem Motor Matic Sedang Bermasalah

Kekurangan menggunakan velg jari-jari pada motor matic, dapat menjadi sebuah pertimbangan sebelum menggantinya dengan velg racing. Sesuaikan pilihan velg dengan kebutuhan, gaya berkendara, dan selera Anda untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan penuh gaya. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: