Terlihat Sepele, Inilah 9 Kebiasaan yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Terlihat Sepele, Inilah 9 Kebiasaan yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Beberapa daftar kesalahan umum yang dilakukan saat berkendara dan menyebabkan sepeda motor matic menjadi cepat rusak.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Simak Nih! 5 Fungsi Lampu Jauh Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu

Anda mungkin lupa mematikan mesin sepeda motor matic karena kunci kontak masih menyala meski sepeda motor matic sudah berhenti.

Kemudian Anda meninggalkan sepeda motor matic Anda dalam keadaan terparkir dan lupa mengeluarkan kunci sepeda motor matic dan membiarkannya menyala.

7. Segera hidupkan mesin sepeda motor

Banyak pengendara sepeda motor matic self-injection yang biasanya langsung menghidupkan sepeda motor maticnya tanpa menunggu MIL (lampu indikator malfungsi) padam.

BACA JUGA:7 Cara Merawat Knalpot Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu!

BACA JUGA:5 Tips Perawatan Motor Matic Injeksi Agar Tetap Bertenaga

Tujuan utama mesin injeksi yang dilengkapi MIL adalah untuk menganalisis kemungkinan kerusakan. Tunggu hingga lampu indikator padam untuk memastikan tidak ada masalah.

8. Kurangnya perawatan aki sepeda motor 

Aki memegang peranan penting pada sepeda motor matic karena jika aki mati maka aki tidak akan hidup walaupun dipencet.

Selain itu, beberapa sepeda motor matic modern tidak menggunakan kickstarter dan hanya mengandalkan starter elektrik sehingga kondisi akinya harus dalam kondisi prima.

9. Bermain dan mengatasi batas kecepatan

Banyak orang yang meremehkan adanya batas kecepatan dan batas kecepatan sehingga mereka mengatasinya dengan kecepatan tinggi.

Padahal, perilaku tersebut bisa mempercepat proses kerusakan berbagai komponen seperti ban, suspensi, setir, dan lain-lain. Belum lagi jika Anda kehilangan kendali dan terjatuh atau menabrak pengguna jalan lain.

Itulah beberapa daftar kesalahan umum yang dilakukan saat berkendara dan menyebabkan sepeda motor matic menjadi cepat rusak. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: