Terlihat Sepele, Inilah 9 Kebiasaan yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Terlihat Sepele, Inilah 9 Kebiasaan yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Beberapa daftar kesalahan umum yang dilakukan saat berkendara dan menyebabkan sepeda motor matic menjadi cepat rusak.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu alasan banyak orang memilih sepeda motor matic adalah karena kepraktisannya. Pengendara hanya perlu sesuaikan saja tarikan gas dan rem untuk menggerakkan sepeda motor matic.

Sudah termasuk perawatan yang juga relatif minim dibandingkan sepeda motor manual. Sayangnya, hal itu membuat pemilik kendaraan sepeda motor matic agak lalai dalam menjaga kendarannya.

Banyak orang yang mengabaikan nasehat tentang cara mengendarai sepeda motor matic yang benar, sehingga kesalahan sering terulang dan tanpa disadari bisa menjadi kebiasaan.

Di bawah ini adalah daftar kesalahan umum yang dilakukan saat berkendara dan menyebabkan sepeda motor matic menjadi cepat rusak.

1. Menahan gas saat berhenti

Kesalahan pertama adalah menahan gas saat sepeda motor matic berhenti, misalnya di lampu merah. Berlatihlah menjaga kecepatan dengan tuas rem sambil memutar gas sedikit agar sepeda bisa “tancap gas” begitu lampu menyala hijau.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 6 Dampak Buruk Mengabaikan Perawatan Shockbreaker Motor Matic

BACA JUGA:Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri

Kebiasaan ini menyebabkan cepatnya keausan pada komponen lapisan kopling. Dampak negatif lainnya adalah tenaga tidak tersalurkan maksimal ke roda belakang.

Saat Anda memutar pedal akselerator, bantalan kopling juga ikut berputar, namun rumah kopling yang terhubung ke sabuk katrol CVT tidak berputar.

Akibatnya, sejumlah besar gesekan dan panas dihasilkan, sehingga menyebabkan keausan kopling sepeda motor matic yang cepat.

2. Memegang tuas rem saat berkendara

Yang kedua adalah menahan tuas rem saat mengendarai sepeda motor matic agar lampu rem tidak cepat menyala dan kampas rem lebih cepat aus. Kebiasaan ini juga mempunyai risiko.

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Yamaha Fino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: