Nelayan Cilacap Mulai Bersiap Panen Ikan

Nelayan Cilacap Mulai Bersiap Panen Ikan

Sejumlah kapal nelayan tradisional bersandar di Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Nelayan di Kabupaten CILACAP akan segera memasuki musim panen ikan seiring dengan datangnya musim angin timuran. 

Sejumlah nelayan di Kabupaten Cilacap mulai mempersiapkan peralatan dan lainnya untuk menyambut musim panen tersebut.  Slamet, nelayan Cilacap mengakui, saat ini sejumlah nelayan mulai mendapatkan cumi-cumi dan beberapa ikan jenis lainnya. 

"Sudah mulai bersiap, biasanya Juli mulai panen. Ini ada ikan cuma belum yang terlalu banyak sekali," kata dia.

Nelayan tradisional ini menaruh harapan besar, musim panen ikan di daerahnya tahun ini dapat berlangsung baik sehingga hasil yang didapat  maksimal.

BACA JUGA:Sebanyak 852 Anggota PPS Kabupaten Cilacap Untuk Pilkada Resmi Dilantik

BACA JUGA:46 Persen Masyarakat Cilacap Belum Paham Proses Pilkada 2024

Sementara itu Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo Cilacap Untung Jayanto mengatakan, saat ini hasil penangkapan ikan di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilacap mulai meningkat. 

"Hasil tangkapan ikan mulai meningkat, hingga bulan April kemarin total nilai produksi sudah mencapai Rp 39 miliar," kata Untung. 

Dikatakan Untung, saat ini harga berbagai jenis ikan sedang jatuh. Tidak hanya di Kabupaten Cilacap namun hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. 

"Untuk harga jatuhnya kami belum tahu kenapa, tapi semoga nanti pas musim ikan Agustus - September sudah normal jadi nelayan bisa untung," kata dia.

Dia juga berharap, nilai produksi ikan pada tahun 2024 bisa mencapai target yakni Rp 150 miliar. "Tahun 2023 kita mencapai Rp 117 miliar, target setiap tahun kita naikan. Semoga tahun ini bisa terealisasi," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: