Kenali Segera! 7 Penyebab Kebocoran Tangki Bensin Motor Matic, Sebelum Menjadi MASALAH yang SERIUS

Kenali Segera! 7 Penyebab Kebocoran Tangki Bensin Motor Matic, Sebelum Menjadi MASALAH yang SERIUS

Kenali Segera! 7 Penyebab Kebocoran Tangki Bensin Motor Matic, Sebelum Menjadi MASALAH yang SERIUS-tangki motor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab kebocoran tangki bensin motor matic, dapat menjadi masalah yang serius dan membahayakan pengendara. Oleh karena itu penting untuk segera mengatasi kebocoran tangki bensin motor matic, agar terhindar dari bahaya-bahaya tersebut.

Pernahkah Anda mengalami situasi menegangkan saat mengendarai motor matic? Saat asyik berkendara, tiba-tiba tercium bau bensin yang menyengat.

Rasa panik melanda saat menyadari ada kebocoran pada tangki bensin. Perasaan campur aduk antara cemas dan kesal pun muncul.

Pengalaman ini pernah saya alami beberapa bulan lalu, saat itu saya sedang dalam perjalanan menuju kantor. Tiba-tiba, bau bensin tercium kuat dari bawah jok motor.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! 5 Dampak Buruk Menggunakan Oli Motor Matic yang Tidak Sesuai

Saya pun menepi dan memeriksa sumber bau tersebut. Betapa kagetnya saya saat melihat bensin merembes dari bagian bawah tangki.

Kebocoran tangki bensin bukan hanya masalah bau yang tidak sedap, tapi juga berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran. Bayangkan jika percikan api dari knalpot atau gesekan dengan benda lain memicu ledakan. Sungguh mengerikan!

Kejadian ini membuat saya belajar banyak tentang pentingnya menjaga kondisi motor matic, terutama bagian tangki bensin.

Berikut ini saya ingin berbagi informasi, tentang penyebab kebocoran tangki bensin pada motor matic. Semoga bermanfaat bagi Anda dan para pengendara motor matic lainnya.

1. Karat

Musuh utama yang mengintai dari dalam tangki bensin adalah karat. Tangki motor matic, umumnya terbuat dari besi yang dilapisi bahan anti karat.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

BACA JUGA:Mengenal Tentang Filter Oli Motor Matic Beserta Fungsinya

Namun paparan air atau bahan kimia pembersih yang keras secara terus-menerus, dapat merusak lapisan pelindung tersebut.

Karat bekerja secara perlahan, menggerogoti dinding tangki dari bagian dalam. Tanpa disadari lubang-lubang kecil akibat karat, bisa semakin membesar dan akhirnya menyebabkan kebocoran.

2. Benturan Keras

Benturan atau pukulan keras pada area tangki bensin bisa berakibat fatal. Benturan ini bisa terjadi akibat kecelakaan lalu lintas, motor terjatuh saat diparkir, atau benturan dengan benda keras lainnya.

Retakan atau bahkan pecah pada tangki, menjadi dampak langsung dari benturan ini. Kerusakan akibat benturan tidak bisa diremehkan.

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 6 Tips Menjaga Kualitas Oli Motor Matic

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 5 Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Brebet

Tangki yang retak atau pecah, tentu tidak bisa lagi menampung bensin dengan baik. Selain menimbulkan kebocoran, kerusakan parah pada tangki juga membahayakan pengendara karena berpotensi mudah terbakar.

3. Tutup Tangki yang Longgar

Tutup tangki yang longgar atau karetnya sudah getas, bisa menjadi celah bagi bensin untuk keluar. Tutup tangki memiliki fungsi penting untuk menjaga agar bensin tidak mudah tertumpah, dan mencegah kotoran atau air masuk ke dalam tangki.

Karet pada tutup tangki memiliki peran vital dalam menciptakan keadaan kedap udara, seiring berjalannya waktu karet ini bisa getas dan tidak lagi elastis. Akibatnya, fungsi kedap udaranya berkurang dan berpotensi membuat bensin bocor.

4. Bahaya Tersembunyi

Kebanyakan tangki bensin motor matic dilengkapi dengan ventilasi udara. Fungsinya untuk menjaga sirkulasi udara di dalam tangki.

BACA JUGA:5 Motor Matic Bermesin Besar dengan Performa Tinggi untuk Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:9 Kekurangan Motor Matic yang Memiliki Mesin Besar

Udara bersih dapat masuk, dan udara kotor yang dihasilkan dari penguapan bensin bisa keluar. Namun masalah muncul ketika ventilasi udara tersumbat.

Uap air yang seharusnya keluar dari tangki, justru terjebak di dalamnya. Uap air ini kemudian mengembun dan menetes ke bagian bawah tangki.

Proses pengembunan yang terus-menerus dapat memicu terjadinya karat. Selain itu air yang mengendap di dasar tangki juga bisa bercampur dengan bensin, sehingga kualitas bahan bakar menurun.

5. Keran Udara yang Bermasalah

Tangki bensin motor matic dilengkapi dengan keran udara. Komponen ini berfungsi mengatur tekanan udara di dalam tangki.

BACA JUGA:5 Perbandingan Motor Matic Honda ADV 160 dengan Honda PCX 160

BACA JUGA:5 Motor Matic yang Cocok untuk Perjalanan Jauh

Udara yang terlalu penuh atau terlalu sedikit di dalam tangki, dapat menyebabkan kebocoran. Keran udara yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, bisa menjadi penyebab ketidakstabilan tekanan udara tersebut.

6. Pengelasan yang Kurang Rapi

Pada beberapa kasus, kebocoran tangki bensin bisa terjadi di bagian las-lasan. Hal ini  umumnya terjadi pada motor matic bekas, yang pernah mengalami perbaikan tangki dengan cara pengelasan.

Pengelasan yang kurang rapi atau sambungan yang tidak rapat, bisa menjadi titik lemah pada tangki. Seiring berjalannya waktu, getaran pada motor bisa membuat titik lemah tersebut mulai merembes dan akhirnya bocor.

7. Faktor Usia

Akibat dari faktor usia, bahan penyusun tangki bensin dapat mengalami penurunan kualitas.  Tangki yang terbuat dari besi bisa menjadi getas dan rapuh, kondisi ini tentu meningkatkan risiko terjadinya kebocoran.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda Forza 150 yang Miliki Desain Body Mewah

BACA JUGA:Masih Banyak Diminati, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Honda BeAT Karbu

Motor matic yang sudah tua dan berusia lebih dari 10 tahun lebih, rentan mengalami masalah ini. Oleh karena itu, kewaspadaan ekstra perlu dilakukan.

Perhatikan dengan seksama kondisi tangki bensin, terutama pada bagian las-lasan dan area yang rawan karat.

Kebocoran tangki bensin bukan hal yang sepele. Segera periksa dan atasi kebocoran pada motor matic Anda, untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

Dengan memahami penyebab kebocoran tangki bensin motor matic, dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan menghemat biaya perbaikan. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: