Fungsi dan Tips Merawat Roller Motor Matic Agar Tahan Lama

Fungsi dan Tips Merawat Roller Motor Matic Agar Tahan Lama

Mengenai apa aja fungsi serta tips untuk merawat roller sepeda motor matic Anda agar selalu awet dan tahan lama.-Fahma Ardiana-

Berikut tips merawat roller motor matic yang bisa membuat tahan lama:

1. Memeriksa V-belt

V-belt merupakan bagian penting pada transmisi CVT. Komponen ini harus sering diganti. Waktu yang disarankan untuk mengganti V-belt adalah setiap 10.000 km.

BACA JUGA:Mengenal Tentang V-Belt Kavler Motor Matic: Fungsi dan Keunggulan yang Ditawarkan

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

Namun demikian, tidak dapat dikesampingkan bahwa dalam keadaan tertentu sabuk-V mungkin perlu diganti sebelum jarak tersebut dapat ditempuh.

Pasalnya, jika V-belt putus atau patah, kinerja roller transmisi CVT tidak lagi maksimal.

V-belt yang sudah tidak sesuai lagi dapat rusak bahkan pada saat mesin hidup. Risiko ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

2. Mengganti oli roda gigi secara rutin

Selain oli mesin, oli roda gigi sepeda motor matic juga perlu diganti secara berkala. Pasalnya oli transmisi memegang peranan penting dalam berfungsinya transmisi CVT. 

Cairan transmisi digunakan untuk melumasi seluruh komponen di dalam CVT, termasuk roller. Jika cairan transmisi Anda tidak dalam kondisi sempurna, maka seluruh komponen pada CVT Anda akan cepat aus.

Disarankan agar cairan transmisi diganti secara rutin setiap 8.000 km.

Itulah mengenai apa aja fungsi serta tips untuk merawat roller sepeda motor matic Anda agar selalu awet dan tahan lama. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: