5 Penyebab Kampas Rem Motor Matic Berbunyi

5 Penyebab Kampas Rem Motor Matic Berbunyi

5 Penyebab Kampas Rem Motor Matic Berbunyi-Pinterest -

Dengan menghindari penggunaan oli atau minyak pada kampas rem, melakukan pembersihan rutin, mengganti kampas rem yang terkontaminasi, dan melakukan pemeriksaan berkala, masalah ini dapat diatasi dengan efektif.

4. Kampas Rem Selip

Kampas rem, yang juga dikenal sebagai brake pads, merupakan komponen vital dalam sistem pengereman kendaraan bermotor. Banyak pengendara sering mengabaikan tanda-tanda kerusakan pada kampas rem, salah satunya adalah bunyi berisik. 

BACA JUGA:8 Langkah Membuat Motor Matic Tetap Prima dan Awet

BACA JUGA:6 Teknologi Terbaru di Dunia Motor Matic

Kebiasaan menekan tuas rem secara terus menerus dapat menyebabkan kampas rem menjadi selip. Ketika pengendara terus-menerus menekan rem, material kampas rem akan mengalami panas berlebih dan mengeras. Akibatnya, kampas rem menimbulkan bunyi berdecit.

Material kampas rem yang mengeras akibat penggunaan berlebihan akan kehilangan fleksibilitasnya. Kampas rem yang keras akan menyebabkan gesekan yang tidak merata dengan disc brake, menghasilkan suara berisik saat pengereman. 

Kampas rem selip tidak hanya menimbulkan bunyi berisik tetapi juga mengurangi efektivitas pengereman. Rem yang kurang pakem dapat meningkatkan jarak pengereman dan menurunkan respons pengereman, yang berisiko tinggi terhadap keselamatan pengendara.

Kampas rem yang selip adalah salah satu penyebab utama bunyi berdecit saat pengereman. Kebiasaan menekan tuas rem secara terus menerus dapat menyebabkan material kampas rem mengeras dan mengurangi efektivitas pengereman. 

Dengan menghindari kebiasaan ini, melakukan pemeriksaan rutin, mengganti kampas rem yang keras, dan menjaga kebersihan sistem pengereman, masalah ini dapat diatasi dengan efektif.

5. Piringan/Disc Brake Sudah Tipis dan Tidak Rata

Kampas rem, atau brake pads, adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan bermotor. Seringkali pengendara menghadapi masalah bunyi berisik yang dihasilkan oleh kampas rem. 

BACA JUGA:Harus Pintar Milih ! Inilah 7 Rekomendasi Motor Matic Bekas dengan Harga Rp 4 Jutaan

BACA JUGA:8 Kekurangan Motor Matic Yamaha Grand Filano Hybrid Conneceted yang Harus Dipahami Sebelum Membeli

Piringan rem yang sudah tipis umumnya diakibatkan oleh keausan setelah pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Ketika piringan menjadi terlalu tipis, kemampuan untuk mendistribusikan panas secara merata menurun, menyebabkan permukaan menjadi tidak rata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: