Yuk Kenali! Inilah 6 Komponen Penting Pada Aki Motor Matic

Yuk Kenali! Inilah 6 Komponen Penting Pada Aki Motor Matic

Mengecek kesehatan aki motor matic penting. Gunakan voltmeter, amati fisik aki, dan perhatikan indikator speedometer untuk penggunaan yang lebih aman.-Pinterest -

Terminal positif dan negatif adalah dua titik penting pada aki motor matic tempat koneksi listrik dilakukan. 

Terminal positif biasanya berwarna merah dan terminal negatif berwarna hitam untuk memudahkan pengidentifikasian.

Terminal positif (+) adalah tempat di mana kabel listrik positif kendaraan terhubung ke aki. 

Sementara itu, terminal negatif (-) adalah tempat di mana kabel listrik negatif kendaraan terhubung. 

Koneksi yang baik antara terminal aki dan kabel listrik sangat penting untuk memastikan aliran listrik yang lancar dan kinerja sistem listrik kendaraan yang optimal.

3. Elektrolit 

Elektrolit adalah larutan asam sulfat yang mengisi sel-sel aki motor matic. Larutan ini berperan penting dalam proses kimia yang terjadi di dalam aki untuk menghasilkan listrik. 

Elektrolit membantu menyediakan medium konduktif di antara pelat positif dan negatif dalam sel-sel aki, sehingga memungkinkan aliran listrik.

Selama proses pengisian dan pengosongan aki, elektrolit mengalami reaksi kimia yang kompleks dengan plat-plat positif dan negatif. 

Ini menghasilkan ion-ion yang bergerak di dalam larutan, membentuk arus listrik yang dapat digunakan untuk memasok daya ke sistem listrik kendaraan.

Penting untuk menjaga level elektrolit dalam aki tetap di atas batas minimum yang ditentukan oleh produsen untuk memastikan kinerja optimal aki.

BACA JUGA:8 Langkah Membuat Motor Matic Tetap Prima dan Awet

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Grand Filano Hybrid yang Bikin Hati Tertarik

4. Pelat Positif dan Negatif 

Pelat positif dan negatif adalah komponen penting dalam sel aki motor matic. Mereka adalah bagian dalam sel aki yang bertanggung jawab untuk proses kimia yang menghasilkan aliran listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: