7 Dampak Negatif Akibat Motor Matic Parkir di Bawah Terik Matahari, Wajib Diwaspadai!

7 Dampak Negatif Akibat Motor Matic Parkir di Bawah Terik Matahari, Wajib Diwaspadai!

7 Dampak Negatif Akibat Motor Matic Parkir di Bawah Terik Matahari, Wajib Diwaspadai!-parkir-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dampak negatif akibat motor matic parkir di bawah terik matahari, dapat menjadi masalah serius bagi para pemilik kendaraan roda dua. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pada motor matic, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Sinar matahari terik yang menemani keseharian kita tak hanya mempengaruhi kulit manusia, tetapi juga berdampak buruk bagi kendaraan khususnya motor matic. Memarkir motor matic di bawah terik matahari mungkin terlihat sepele, namun kebiasaan ini dapat berakibat fatal pada performa dan tampilan motor Anda.

Paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama, dapat merusak berbagai komponen motor baik eksterior maupun interior. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami, dampak negatif akibat motor matic parkir di bawah terik matahari:

1. Cat Motor Kusam dan Pudar

Komponen eksterior motor matic yang paling rentan terhadap sinar matahari adalah cat. Lapisan cat yang cantik dan mengkilap, menjadi daya tarik utama motor matic.

BACA JUGA:8 Masalah Motor Matic yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:6 Panduan Memilih Motor Matic Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Namun tahukah Anda bahwa sinar ultraviolet (UV) pada sinar matahari, adalah musuh terbesar cat motor? Sinar UV memiliki sifat memecah molekul cat, membuatnya rapuh dan mudah terkelupas.

Akibatnya, cat motor yang terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama, akan terlihat kusam dan pudar. Semakin lama motor diparkir di bawah sinar matahari, semakin parah kerusakan cat yang terjadi.

Efek negatif ini tidak hanya mempengaruhi penampilan motor, tetapi juga dapat menurunkan nilai jualnya. Selain itu, cat yang kusam dan pudar juga lebih rentan terhadap goresan dan baret.

2. Ban Menjadi Keras dan Getas

Ban motor matic terbuat dari karet, yang merupakan material yang rentan terhadap panas. Paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama, dapat membuat ban menjadi keras dan getas.

BACA JUGA:10 Teknologi dan Fitur Canggih Motor Matic Terbaru untuk Meningkatkan Keselamatan Berkendara

BACA JUGA:Kenapa Air Radiator Motor Matic Perlu Diganti Secara Berkala? Ini Jawabannya

Ban yang keras akan kehilangan daya cengkeramnya di jalan, sehingga meningkatkan risiko selip saat pengereman atau menikung, terlebih saat kondisi jalan basah.

Selain itu, ban yang getas lebih rentan terhadap retakan dan bocor. Retakan pada ban dapat menyebabkan angin keluar secara perlahan, atau bahkan bocor secara tiba-tiba sehingga membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

3. Plastik dan Karet Menjadi Rapuh

Tak hanya ban, komponen motor matic yang terbuat dari plastik dan karet. Seperti selang rem, grip gas, pijakan kaki, dan seal penutup berbagai komponen mesin, juga tidak luput dari dampak negatif sinar matahari.

Paparan sinar matahari langsung, dapat membuat plastik dan karet menjadi getas dan rapuh. Selang rem yang getas berisiko mengalami kebocoran, sehingga fungsi pengereman menjadi tidak optimal.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Bahaya Membersihkan Busi Motor Matic Menggunakan Amplas

BACA JUGA:Perlu Tau Nih! 6 Penyebab Velg Motor Matic Penyok

Grip gas yang licin akibat getas, tentu akan mengurangi kenyamanan dan kontrol Anda saat berkendara. Pijakan kaki yang getas, bisa menjadi mudah patah dan menimbulkan potensi kecelakaan.

Selain itu seal penutup pada mesin yang getas, dapat membuat oli mesin mudah merembes keluar sehingga fungsi pelumasan mesin terganggu.

4. Aki Cepat Rusak

Aki merupakan komponen vital pada motor matic. Aki berperan dalam menyimpan dan menyuplai daya listrik yang dibutuhkan, untuk menghidupkan mesin dan komponen kelistrikan lainnya.

Aki mengandung timbal yang dapat bereaksi dengan panas. Paparan sinar matahari langsung  dapat mempercepat penguapan air aki.

BACA JUGA:Tertarik Beli Motor Matic Honda BeAT Street 2024 ? Simak Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Gear 125 yang Harus Dipahami Sebelum Membeli

Air aki yang berkurang akan membuat aki menjadi kering, kondisi ini dapat memicu terjadinya korosi pada lempengan aki. Aki yang kering dan mengalami korosi tidak dapat menyimpan daya dengan baik, sehingga motor matic Anda akan sulit dihidupkan atau aki cepat soak.

5. Mesin Menjadi Panas Berlebihan

Mesin motor matic yang terparkir di bawah terik matahari, dapat menjadi panas berlebihan. Hal ini disebabkan oleh panas yang dihantarkan dari permukaan bodi motor, yang terpapar sinar matahari.  

Panas yang berlebihan, dapat menyebabkan oli mesin menjadi encer dan mudah menguap. oli mesin yang encer tidak dapat melumasi mesin dengan baik, sehingga mesin akan cepat aus dan berisiko macet.

Selain itu, panas yang berlebihan dapat menyebabkan komponen mesin menjadi memuai. Ketika mesin dingin kembali, komponen tersebut akan menyusut.

BACA JUGA:Powerfull ! Motor Matic New Honda Vario 160 Miliki Mesin Overbore eSP Plus

BACA JUGA:5 Masalah Motor Matic yang Timbul Jika Motor Lama Tidak Digunakan

Proses memuai dan menyusut ini, dapat mengakibatkan komponen mesin motor matic menjadi lebih cepat aus dan longgar.

6. Warna Jok Menjadi Pudar

Jok motor matic terutama yang terbuat dari bahan kain atau kulit sintetis, rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat menyebabkan warna jok menjadi pudar dan kusam.

Jok yang pudar tentu akan mengurangi keindahan tampilan motor matic Anda. Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan jok menjadi getas dan retak.

Jok yang getas, akan terasa tidak nyaman saat digunakan dan berpotensi mudah robek. Jok yang robek, tentu akan mengurangi estetika dan nilai jual motor matic Anda.

7. Kinerja Lampu Berkurang

Kaca lampu motor matic terutama yang terbuat dari plastik, dapat menguning dan buram akibat paparan sinar matahari langsung. Hal ini dapat mengurangi intensitas cahaya lampu, sehingga membuat Anda sulit melihat jalan saat berkendara di malam hari.

BACA JUGA:5 Penyebab Rem Motor Matic Mengeluarkan Bunyi Saat Ditekan yang Anda Perlu Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: