AWAS! 7 Efek Throttle Body Kotor pada Motor Matic, Bikin Performa Motor Drop

AWAS! 7 Efek Throttle Body Kotor pada Motor Matic, Bikin Performa Motor Drop

AWAS! 7 Efek Throttle Body Kotor pada Motor Matic, Bikin Performa Motor Drop-yamaha-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Efek throttle body kotor pada motor matic, menjadi masalah yang serius dan harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan throttle body yang kotor, dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada motor matic.

throttle body merupakan komponen vital pada motor matic. Fungsinya sebagai pengatur aliran udara yang masuk ke ruang bakar, layaknya paru-paru yang memasok oksigen untuk pernafasan manusia.

Kondisi throttle body yang kotor, tentu akan berdampak pada kesehatan mesin motor matic Anda. Berikut ini akan membahas efek throttle body kotor pada motor matic, beserta tips untuk mencegahnya.

Dampak Negatif throttle body Kotor

Ada beberapa efek throttle body kotor pada motor matic, diantaranya yaitu:

1. Performa Mesin Menurun dan Boros Bensin

Efek paling terasa dari throttle body kotor adalah penurunan performa mesin. Kotoran yang menumpuk di dalam komponen ini, akan menghalangi aliran udara yang masuk.

BACA JUGA:6 Penyebab Utama Starter Motor Matic Tidak Berfungsi

BACA JUGA:Sering Terjadi, Inilah 5 Penyebab Suara Berisik Pada Motor Matic

Hal ini membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal. Pembakaran yang tidak sempurna ini menyebabkan tenaga mesin berkurang, tarikan terasa berat, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

2. Mesin Brebet atau Tersendat

Kotoran pada throttle body tak hanya menghalangi aliran udara, tapi juga bisa mengganggu kinerja sensor penting di dalamnya.

Yang salah satunya adalah Throttle Position Sensor (TPS). Fungsinya adalah mendeteksi posisi skep (katup kupu-kupu), yang dikendalikan oleh putaran gas.

Gangguan pada sensor ini dapat menyebabkan mesin brebet atau tersendat, terutama pada putaran rendah. Hal ini tentu berbahaya bagi pengendara, apalagi saat berkendara di jalan yang ramai.

3. Idle Tidak Stabil

Salah satu saluran pada throttle body adalah saluran udara idle. Fungsinya mengatur pasokan udara saat mesin dalam keadaan idle (langsam).

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha NMAX

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha XMAX

Kotoran yang menyumbat saluran ini dapat membuat putaran mesin saat idle menjadi tidak stabil, naik turun, atau bahkan mesin bisa mati mendadak.

4. Susah Starter

Motor matic dengan throttle body yang kotor, juga bisa mengalami kesulitan saat starter. Seperti dijelaskan sebelumnya, kotoran dapat mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara.

Akibatnya, campuran ideal yang dibutuhkan untuk starter menjadi tidak tercapai. Hal ini menyebabkan starter terasa lebih berat, dan mesin bisa mati setelah dihidupkan.

5. Emisi Gas Buang Berlebih

Seperti yang kita ketahui, pembakaran yang sempurna akan menghasilkan gas buang dengan kadar yang lebih rendah. Sebaliknya pembakaran yang tidak sempurna akibat throttle body kotor, akan menghasilkan emisi gas buang yang berlebih.

BACA JUGA:5 Penyebab Rem Motor Matic Keras

BACA JUGA:5 Alasan Anda Harus Membeli Motor Matic Honda Beat

Hal ini tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga bisa membahayakan kesehatan pengendara dan orang lain di sekitarnya. Gas buang yang mengandung karbon monoksida (CO) dapat menyebabkan pusing, mual, dan gangguan pernapasan.

6. Mesin Panas Berlebih (Overheat)

Pembakaran yang tidak sempurna, tidak hanya berdampak pada performa mesin dan emisi gas buang. Tetapi juga bisa menyebabkan mesin menjadi lebih panas.

Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna, menghasilkan panas yang lebih banyak dari seharusnya. Jika dibiarkan terus menerus, mesin bisa mengalami overheat dan berujung pada kerusakan komponen mesin yang lebih serius.

7. Lampu Check Engine Menyala

Pada motor matic modern, terdapat lampu indikator check engine yang berfungsi sebagai penanda adanya masalah pada mesin.

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Yamaha NMax

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha NMax 155

Throttle body yang kotor dapat memicu lampu check engine menyala. Ini merupakan sinyal bagi pengendara untuk segera memeriksakan kondisi mesin, khususnya throttle body, ke bengkel.

Tips Mencegah Throttle Body Kotor

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah throttle body kotor:

1. Jaga Kebersihan Filter Udara

Filter udara yang kotor, merupakan salah satu faktor penyebab utama throttle body kotor. Filter udara bertugas menyaring kotoran dan debu yang terhisap dari luar.

Jika filter udara kotor dan tidak diganti secara berkala, kotoran tersebut bisa ikut masuk ke dalam ruang bakar melalui throttle body.

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Cocok untuk Perempuan Berdasarkan Gaya, Kenyamanan, dan Keamanan

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic SYM Dijue 125 Saingan Honda BeAt

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan filter udara. Dan menggantinya sesuai dengan anjuran pabrikan, biasanya setiap 8.000 km - 10.000 km.

2. Hindari Bensin Kotor

Bensin yang tercampur air atau kotoran, bisa mempercepat terjadinya penumpukan kotoran di dalam throttle body. Air yang terkandung dalam bensin dapat menyebabkan karat pada komponen mesin, termasuk throttle body.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengisi bensin di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang terpercaya. Dan memiliki kualitas bahan bakar yang terjamin.

3. Servis Rutin

Melakukan servis rutin di bengkel resmi secara berkala, tidak hanya sekedar mengganti oli mesin. Bengkel biasanya juga akan melakukan pembersihan komponen-komponen penting, termasuk throttle body.

BACA JUGA:Terus Berinovasi, Inilah Fitur Motor Matic Honda BeAt Terbaru yang Semakin Luar Biasa

BACA JUGA:Fitur Canggih Yamaha Mio Gear 125 dan Nmax yang Tidak Dimiliki Motor Matic Pesaing

Idealnya pembersihan pada throttle body dilakukan setiap 20.000 km - 25.000 km, atau pada saat Anda melakukan servis besar.

4. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai Spesifikasi

Setiap mesin motor matic memiliki spesifikasi bahan bakar tertentu. Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi misalnya oktan yang lebih rendah, dapat membuat pembakaran tidak sempurna dan residu hasil pembakaran menumpuk di throttle body.

Throttle body yang bersih dan terawat, penting untuk menjaga performa mesin motor matic Anda. Throttle body yang kotor dapat menimbulkan berbagai efek negatif, mulai dari penurunan performa mesin hingga kerusakan mesin.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan filter udara. Dan menggunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasi, serta melakukan servis rutin di bengkel resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: