Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram pada Motor Listrik

Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram pada Motor Listrik

Kelebihan dan kekurangan rem tromol pada motor matic: Lebih halus namun cenderung cepat aus. Perlu perhatian khusus dalam pengereman darurat.-Pinterest -

Sistem rem tromol biasanya memerlukan perawatan yang lebih jarang dibandingkan rem cakram. Ini berarti pengendara tidak perlu sering-sering memeriksa atau mengganti komponen rem.

BACA JUGA:Kenali Cara Mengganti Kampas Rem Motor Listrik, GAMPANG!

BACA JUGA:5 Penyebab Rem Motor Matic Keras

Kekurangan Rem Tromol

Meskipun memiliki kelebihan, ada beberapa kekurangan dari rem tromol:

1. Pengereman Kurang Responsif

Rem tromol biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk merespons dibandingkan dengan rem cakram. Ini bisa menjadi masalah dalam situasi pengereman darurat.

2. Overheating

Pada penggunaan yang intensif, seperti turun dari bukit yang panjang, rem tromol cenderung lebih cepat panas. Ini dapat mengurangi efektivitas pengereman dan menyebabkan "brake fade" atau penurunan kinerja rem.

3. Kurang Efektif dalam Kondisi Basah

Meskipun tertutup, rem tromol bisa kurang efektif saat basah karena air dapat masuk ke dalam sistem dan mengurangi gesekan.

Apa itu Rem Cakram?

Rem cakram adalah jenis sistem pengereman yang menggunakan cakram (disc) yang dipasang pada roda. Ketika pengendara menekan tuas rem, kaliper akan menekan bantalan rem (brake pad) ke cakram untuk menciptakan gesekan dan memperlambat kendaraan.

BACA JUGA:6 Cara Mudah Mengetahui Indikator Kampas Rem Motor Matic Sudah Harus Diganti

BACA JUGA:4 Penyebab Rem Motor Matic Bunyi Saat Ditekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: