Siap-siap, Bantuan PPG Guru PAI Ditambah

Siap-siap, Bantuan PPG Guru PAI Ditambah

Serius : Para guru agama dalam AGPAII Kabupaten Purbalingga saat mendengarkan sambutan Bupati.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Purbalingga, semakin sumringah. Karena bakal ada pengalokasian APBD untuk menambah bantuan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru PAI.

Hal itu diungkapkan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat membuka Seminar Pendidikan Nasional dan Silaturahmi Akbar Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di Pendapa Dipokusumo, Selasa 7 Mei 2024.

Hingga tahun ini, berdasarkan data  AGPAII Kabupaten Purbalingga, tercatat ada sebanyak 400 guru PAI yang belum mengikuti PPG. Terdiri dari 55 guru PAI tingkat SMP dan 345 guru PAI tingkat SD.

“Tahun 2021 pemkab pernah mengalokasikan anggaran untuk PPG Guru PAI. Di tahun 2024, secara bertahap pemkab akan menambahkan anggaran untuk pembiayaan PPG para guru PAI di Kabupaten Purbalingga,” rinci Tiwi.

BACA JUGA:Calon Perseorangan Pilkada Harus Kantongi Dukungan 57.921 Penduduk

BACA JUGA:Harga Beras di Purbalingga Mulai Turun Bertahap

Untuk diketahui, alokasi anggaran PPG Guru PAI tahun 2021 diberikan kepada sebanyak 83 guru PAI yang telah lulus seleksi PPG. Masing-masing guru PAI mendapatkan dukungan finansial sebesar Rp 5 juta untuk mengikuti PPG.  

“Kita punya tujuan yang sama untuk membangun generasi muda yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi membangun generasi muda yang insani, qurani, dan berakhlakul kharimah,” tegas Bupati.

Ketua DPD AGPAII Kabupaten Purbalingga Priyanto berharap besar Pemkab Purbalingga turut ambil bagian dalam membantu PPG Guru PAI dengan mengalokasikan PPG PAI pada APBD 2024, 2025, dan 2026. 

Menyusul panjangnya daftar antrean PPG Guru PAI yang ada di Kementerian Agama. Dikatakan dalam setahun, hanya ada alokasi 1.000 guru PAI se Indonesia, sementara di Purbalingga masih banyak guru PAI yang belum mengikuti PPG.

“Jika dianggarkan di APBD meski secara bertahap, harapannya dalam waktu lima tahun seluruh guru PAI di Purbalingga sudah ikut PPG dan bersertifikasi,” ungkapnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: