Waspada! Penyebab Motor Matic Turun Mesin yang Wajib Diketahui Pengendara

Waspada! Penyebab Motor Matic Turun Mesin yang Wajib Diketahui Pengendara

Waspada! Penyebab Motor Matic Turun Mesin yang Wajib Diketahui Pengendara-suzuki-

BACA JUGA:WAJIB TAU! Perbandingan Akselerasi Motor Matic dan Motor Bebek, dari Sudut Pandang Teknis

Faktor lain yang dapat menyebabkan overheat, adalah penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Oli yang tidak tepat dapat membuat mesin bekerja lebih berat, dan akhirnya cepat panas.

Overheat yang dibiarkan terus menerus dapat merusak komponen mesin, seperti piston, ring piston, dan dinding silinder. Lama kelamaan kerusakan ini dapat menyebabkan motor matic turun mesin.  

Oleh karena itu pastikan radiator dan kipas radiator Anda selalu dalam kondisi prima, gunakan juga oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor matic Anda.

6. Modifikasi Mesin yang Berlebihan

Modifikasi mesin yang berlebihan seperti membesarkan kapasitas mesin, atau memasang turbo dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada mesin. Tekanan yang berlebihan ini dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin, dan berujung pada turun mesin.

BACA JUGA:8 Kelebihan Mengendarai Motor Matic yang Jadi Pilihan Populer di Seluruh Dunia

BACA JUGA:8 Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya hindari modifikasi mesin yang terlalu ekstrem. Pasalnya modifikasi tersebut tidak hanya berisiko merusak mesin, tapi juga bisa jadi melanggar peraturan lalu lintas.  

Jika Anda ingin meningkatkan performa motor matic, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Agar modifikasi yang dilakukan aman dan sesuai ketentuan.

7. Usia Pakai Motor

Seiring dengan usia pakai komponen-komponen mesin motor matic Anda, akan mengalami keausan. Meskipun Anda sudah melakukan perawatan dengan baik, keausan ini tak bisa dihindari.  

Lama kelamaan keausan yang parah dapat menyebabkan motor matic turun mesin, umumnya motor matic dengan usia pakai di atas 5 tahun butuh perhatian ekstra. Selain servis rutin Anda perlu lebih jeli terhadap gejala-gejala kerusakan pada mesin.

BACA JUGA:Perbedaan Perawatan Motor Matic vs Motor Manual, Lebih Mahal Mana ?

BACA JUGA:8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda

Jika Anda merasakan tarikan mesin melemah atau suara mesin menjadi kasar, segera bawa motor matic Anda ke bengkel untuk diperiksakan.

Dengan memahami penyebab motor matic turun mesin yang wajib diketahui pengendara, Anda dapat menjaga motor matic agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan fatal. Ingatlah mencegah selalu lebih murah dan mudah daripada mengobati, rawatlah motor matic Anda dengan baik agar tetap setia menemani perjalanan Anda. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: