PAHAMI! Pengaruh Oktan Bahan Bakar Terhadap Kinerja Motor Matic, Memaksimalkan PERFORMA dan EFISIENSI

PAHAMI! Pengaruh Oktan Bahan Bakar Terhadap Kinerja Motor Matic, Memaksimalkan PERFORMA dan EFISIENSI

PAHAMI! Pengaruh Oktan Bahan Bakar Terhadap Kinerja Motor Matic, Memaksimalkan PERFORMA dan EFISIENSI-Aditya Kurniawan-

BACA JUGA:8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih oktan bahan bakar:

a. Rekomendasi Pabrikan

Selalu baca buku manual atau petunjuk pemakaian motor matic Anda. Biasanya pabrikan telah memberikan rekomendasi angka oktan, yang sesuai dengan rasio kompresi mesin.
    
b. Kualitas Bahan Bakar

Selain oktan kualitas bahan bakar juga perlu diperhatikan, pastikan Anda menggunakan bahan bakar dari sumber terpercaya untuk mendapatkan kualitas terbaik. Bensin yang berkualitas  tidak hanya mengandung angka oktan yang sesuai, tetapi juga  telah diformulasikan dengan aditif pembersih yang membantu menjaga kebersihan mesin.

c. Dampak Negatif Oktan Tinggi

Seperti yang disinggung sebelumnya penggunaan bahan bakar dengan oktan yang terlalu tinggi, pada motor matic dengan rasio kompresi rendah dapat berdampak negatif. Hal ini dikarenakan mesin tidak didesain untuk memanfaatkan kemampuan tahan kompresi tinggi, dari bahan bakar tersebut.

BACA JUGA:10 Tips Merawat Motor Matic agar Tetap Prima dan Berumur Panjang

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Dilengkapi dengan Teknologi Canggih, untuk Gaya Hidup Modern

Akibatnya justru dapat terjadi pembakaran yang tidak sempurna, dan boros bahan bakar. Selain itu performa mesin malah tidak optimal, dan bisa muncul knocking walaupun menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

Oktan bahan bakar merupakan faktor penting, yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bahan bakar untuk motor matic. Memilih oktan yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dan menggunakan bahan bakar berkualitas dapat memberikan berbagai manfaat untuk kendaraan Anda.  

Dengan memahami pengaruh oktan bahan bakar terhadap kinerja motor matic, dan menerapkan tips pemilihan bahan bakar yang tepat. Anda dapat  menjaga performa motor matic kesayangan Anda, dan menikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: