Tips Memilih Rem yang Tepat untuk Motor Matic, Cakram atau Tromol?

Tips Memilih Rem yang Tepat untuk Motor Matic, Cakram atau Tromol?

Tips Memilih Rem yang Tepat untuk Motor Matic, Cakram atau Tromol?-suzuki-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips memilih rem yang tepat untuk motor matic, berguna untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan, performa, dan nilai jual motor matic Anda. Salah satu aspek penting yang selalu saya pertimbangkan adalah sistem pengereman.

Beberapa waktu lalu ketika motor matic pertama saya masih menggunakan rem tromol, saya sering merasa kurang yakin saat harus mengerem di turunan curam. Daya henti yang kurang responsif, dan rasa cemas akan fade (penurunan Daya henti) selalu menghantui.

Keinginan untuk mendapatkan pengereman yang lebih optimal, mendorong saya untuk mencoba mengubah rem tromol menjadi rem cakram. Awalnya saya ragu karena biaya pemasangan, dan perawatannya yang lebih mahal.

Namun setelah menimbang berbagai faktor, termasuk gaya berkendara saya yang cenderung agresif. Dan sering melewati jalanan pegunungan, saya akhirnya memutuskan untuk mengambil risiko.

BACA JUGA:PAHAMI! 7 Penyebab Tarikan pada Motor Matic Kurang Responsif, dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:8 Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Perubahan pada rem cakram membawa perbedaan yang signifikan. Daya henti yang lebih kuat dan progresif memberikan rasa aman, serta kontrol yang lebih baik saat berkendara.

Kemampuannya untuk mengatasi fade di kondisi panas dan basah, juga membuat saya lebih percaya diri. Pengalaman saya ini mendorong saya, untuk membagikan beberapa tips memilih rem yang tepat untuk motor matic.

Mengenal Rem Cakram

Rem cakram bekerja dengan berdasarkan prinsip penjepitan. Saat tuas rem ditekan kaliper yang berisi piston, akan mendorong kampas rem ke arah piringan cakram (disk brake).

BACA JUGA:8 Kelebihan Mengendarai Motor Matic yang Jadi Pilihan Populer di Seluruh Dunia

BACA JUGA:10 Tips Merawat Motor Matic agar Tetap Prima dan Berumur Panjang

Gesekan kuat yang dihasilkan menciptakan daya henti yang progresif dan responsif. Rem cakram juga unggul dalam hal pembuangan panas, sehingga ideal untuk penggunaan intensif atau kondisi jalanan yang menurun curam.

1. Kelebihan Rem Cakram

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh rem cakram:

a. Daya Henti Progresif. Rem cakram memberikan kontrol pengereman yang lebih baik, karena cengkeraman yang bertahap sesuai tekanan tuas. Hal ini membuat manuver menjadi lebih presisi dan mengurangi risiko terpelanting.
    
b. Tahan Panas. Rem cakram didesain dengan cakram yang terbuka, sehingga panas akibat gesekan dapat terbuang lebih efektif. Ini penting untuk mencegah terjadinya fade (penurunan daya henti akibat panas).
    
c. Efektif di segala cuaca. Rem cakram tidak terpengaruh oleh air atau lumpur, yang dapat mengurangi daya cengkram pada rem tromol.

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Dilengkapi dengan Teknologi Canggih, untuk Gaya Hidup Modern

BACA JUGA:WAJIB TAU! Perbandingan Akselerasi Motor Matic dan Motor Bebek, dari Sudut Pandang Teknis
    
d. Cengkeraman yang Kuat. Rem cakram memberikan rasa mantap saat mengerem, karena daya henti yang lebih kuat dibandingkan rem tromol.
    
e. Tampilan Modern dan Sporty. Secara estetika penggunaan rem cakram, umumnya dinilai lebih modern dan sporty.

2. Kekurangan Rem Cakram

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh rem cakram:

a. Harga Lebih Mahal. Biaya pemasangan dan perawatan rem cakram umumnya lebih tinggi, dibandingkan dengan biaya pemasangan dan perawatan rem tromol.
    
b. Bobot Lebih Berat. Komponen kaliper dan cakram dari rem cakram, menambah bobot motor matic Anda.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda

BACA JUGA:Perhatikan! 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Motor Matic
    
c. Perawatan Lebih Rumit. Dibandingkan rem tromol perawatan rem cakram membutuhkan keahlian khusus, seperti pengecekan piston dan kaliper.
    
d. Bunyi Decitan. Rem cakram rentan mengeluarkan bunyi decitan, meski hal ini biasanya bisa diatasi dengan pembersihan atau penggantian kampas rem.

Mengenal Rem Tromol

Rem tromol menggunakan prinsip internal expanding shoe. Ketika tuas rem ditekan lengan rem akan mendorong sepatu rem keluar, menekan tromol (drum brake) dari bagian dalam.

BACA JUGA:Luas Banget! Inilah 4 Motor Matic dengan Jok yang Luas

BACA JUGA:Inilah 4 Motor Matic dengan Bagasi Besar, Bisa Muat Barang Banyak!

Gesekan yang dihasilkan menciptakan daya henti, namun umumnya kurang progresif dibanding rem cakram. Rem tromol dikenal dengan perawatan yang mudah dan biaya yang terjangkau.

1. Kelebihan Rem Tromol

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh rem tromol:

a. Harga Terjangkau. Rem tromol memiliki harga lebih murah dalam hal pemasangan, dan perawatan dibandingkan rem cakram.
    
b. Bobot Lebih Ringan. Komponen rem tromol secara keseluruhan memiliki bobot lebih ringan, dibandingkan dengan komponen rem cakram.
    
c. Perawatan Mudah. Rem tromol umumnya membutuhkan perawatan yang minimal, dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

BACA JUGA:Wajib Beli Sih! Ini 4 Motor Matic yang Cocok untuk Wanita Mungil

BACA JUGA:Catat! 4 Daftar Motor Matic yang Cocok untuk Wanita Tinggi
    
d. Minim Bunyi. Bunyi yang dihasilkan pada rem tromol cenderung lebih senyap, karena sistem pengeremannya tertutup sehingga minim bunyi saat proses pengereman terjadi.
    
e. Terlindung dari Kotoran dan Air. Letak rem tromol yang tersembunyi di dalam pelek, memberikan keuntungan membuatnya terlindung dari kotoran dan cipratan air.

2. Kekurangan Rem Tromol

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh rem tromol:

a. Daya Henti Kurang Progresif. Cengkeraman rem tromol cenderung kurang halus dan butuh tekanan tuas yang lebih besar, untuk mendapatkan daya henti yang optimal.
    
b. Mudah Pudar. Rem tromol lebih rentan mengalami fade, karena panas yang dihasilkan terjebak di dalam tromol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: