Tak Sama! Ini Dia Detail Penting Perbedaan MCB Motor Listrik dengan MCB Rumah

Tak Sama! Ini Dia Detail Penting Perbedaan MCB Motor Listrik dengan MCB Rumah

Perbedaan MCB motor listrik dengan MCB rumah-Otomotifnet-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perbedaan MCB motor listrik dengan MCB rumah mungkin tidak langsung terlihat, tetapi kedua alat ini memainkan peran penting dalam melindungi sistem listrik yang berbeda.

MCB atau Miniature Circuit Breaker berfungsi untuk memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi kelebihan beban atau arus pendek. 

Di motor listrik, MCB disesuaikan untuk menangani variasi listrik yang lebih kompleks, sedangkan di rumah, MCB dirancang untuk memastikan keamanan penggunaan listrik sehari-hari. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang membedakan kedua jenis MCB tersebut , agar Anda dapat memahami pentingnya memilih komponen yang tepat untuk kebutuhan yang berbeda.

BACA JUGA:Terungkap! 5 Komponen Penting Motor Listrik yang Wajib Diperhatikan

BACA JUGA:KENALI! Berbagai Jenis Komponen Motor Listrik dan Fungsinya, CANGGIH dan RAMAH LINGKUNGAN

1. Lokasi dan Fungsi MCB

Hal pertama yang menjadi perbedaan MCB motor listrik dengan MCB rumah yaitu lokasi dan fungsinya. Dalam motor listrik, MCB umumnya ditempatkan di dekat baterai. 

Penempatan tersebut sangat strategis karena MCB bertindak sebagai pengaman utama untuk mengontrol aliran listrik yang keluar dari baterai menuju ke berbagai komponen elektrik lainnya dalam kendaraan.

Sehingga, MCB harus mampu merespons secara cepat terhadap setiap gangguan listrik untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada sistem elektrik kendaraan dan menjaga keselamatan pengguna.

Sedangkan pada instalasi listrik di rumah, MCB dipasang di panel listrik utama yang biasanya terhubung langsung ke sumber listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Fungsinya di sini lebih luas karena harus melindungi seluruh instalasi listrik dalam rumah dari potensi risiko kelebihan beban atau korsleting listrik. 

BACA JUGA:Terobosan Baru! Komponen Motor Listrik Cetak 3D Hadir Lebih Murah dan Ringan

BACA JUGA:10 Komponen Motor Listrik yang Perlu Sering Diperiksa, untuk Memastikan Kinerja Optimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: