5 Tips Berkendara Motor Matic di Tanjakan atau Turunan yang Aman

5 Tips Berkendara Motor Matic di Tanjakan atau Turunan yang Aman

Beberapa tips yang harus diperhatikan saat berkendara di tanjakan dan juga diturunan menggunakan sepeda motor matic.-Fahma Ardiana-

Saat berkendara menanjak, hindari menambahkan bensin terus menerus. Sebaliknya, jika Anda memiliki sepeda motor matic, cobalah menahan gas secara perlahan, dibandingkan membuka throttle sepenuhnya sambil menekan pedal gas.

Torsi mesin otomatis bekerja paling baik jika pedal gas terus ditekan saat menanjak. Cara ini wajib dilakukan saat berkendara di tanjakan, karena V-belt pada mobil matic tidak cocok dengan gigi sepeda tipe kopling konvensional.

- Menggunakan Rem Belakang

Anda dapat menggunakan rem belakang untuk memperlambat sepeda motor matic secara bertahap saat mendekati puncak atau di jalan datar. Begitu pula saat menghentikan sepeda motor matic di tanjakan untuk menghindari mundur.

- Manuver Zigzag

Trik mendaki bukit dengan sepeda motor matic adalah dengan melakukan manuver zigzag saat kondisi jalan terlihat cukup tenang. Hal ini mencegah motor matic menjadi terlalu berat untuk menopang kendaraan menanjak.

- Kurangi Kecepatan

Meskipun Anda harus mengurangi kecepatan saat mendekati akhir tanjakan, tetap waspadai kecepatan Anda saat berkendara menanjak. Hal ini mencegah roda depan terlepas di ujung tanjakan.

- Berhenti di Tanjakan

Jika Anda perlu berhenti di tanjakan, pastikan rem belakang mempunyai tenaga pengereman yang cukup. Berguna untuk menjaga bodi sepeda motor matic agar tidak terdorong ke belakang.

Selain itu, hindari berdiri di belakang kendaraan besar seperti bus, trailer, dan truk. Jika situasi mengharuskan Anda berdiri di belakang kendaraan besar, sebaiknya ambil posisi di sisi kiri atau pilih posisi yang dirasa paling aman di belakang kendaraan besar tersebut.

5. Mengemudi di Turunan

Setelah Anda mengetahui tips mengendarai sepeda motor matic transmisi matic di tanjakan, sekarang saatnya mempelajari cara mengendarai sepeda motor matic di turunan. Jauh sebelum memasuki jalur menurun, Anda perlu melepas pedal gas dan mengurangi kecepatan.

Kemudian gunakan rem belakang/depan untuk menjaga kecepatan sepeda motor matic. Jika cara pengereman Anda kurang maksimal karena harus melewati turunan yang cukup panjang, sebaiknya berhenti dulu atau sebentar agar komponen rem belakang maupun depan menjadi dingin. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: