Memahami Cara Kerja Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) untuk Motor Listrik

Memahami Cara Kerja Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) untuk Motor Listrik

cara kerja Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) untuk motor listrik-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara kerja Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) untuk motor listrik sebenarnya sangat sederhana. Meskipun begitu, komponen satu ini sangat berguna untuk motor listrik.

Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) adalah salah satu teknologi motor yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kendaraan listrik, mesin industri, dan peralatan rumah tangga. Untuk memahami bagaimana motor ini bekerja, penting untuk memahami prinsip dasar di balik operasinya.

Berikut penjelasan mengenai cara kerja Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) untuk motor listrik

Prinsip Dasar

Cara kerja PMSM didasarkan pada prinsip medan magnet yang berputar antara stator dan rotor. Stator adalah bagian tetap dari motor yang menghasilkan medan magnet.

BACA JUGA:CEK DISINI! Komponen Inti pada Motor Listrik

BACA JUGA:ANDA PERLU TAHU ! Kerusakan Komponen CVT Motor Matic yang Sering Terjadi

Adapun rotor adalah bagian yang berputar yang dipasangkan dengan magnet permanen. Ketika stator diberi daya dengan arus bolak-balik (AC) tiga fasa, medan magnet berputar di sekitar rotor.

Interaksi Medan Magnet

Ketika medan magnet stator berputar, medan magnet permanen pada rotor diinduksi dan berinteraksi dengan medan magnet stator. 

Interaksi ini menyebabkan rotor untuk berputar pada kecepatan yang sama dengan medan magnet stator, yang dikenal sebagai kecepatan sinkron. Ini adalah prinsip dasar dari motor sinkron, yang digunakan dalam PMSM.

Kontrol Elektronik

Meskipun prinsip kerjanya sederhana, kontrol PMSM memerlukan elektronika yang canggih. Ini termasuk penggunaan inverter untuk mengubah arus listrik dari AC menjadi arus listrik variabel (AC) yang sesuai dengan kebutuhan motor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: