Memahami Kekurangan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dalam Penggunaan Motor Listrik

Memahami Kekurangan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dalam Penggunaan Motor Listrik

Memahami Kekurangan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dalam Penggunaan Motor Listrik-United Motor-

BACA JUGA:CEK! Berikut 5 Komponen Penting yang Terdapat Pada Motor Listrik yang Penting untuk Diperhatikan

BACA JUGA:6 Fungsi Alat Cuci Motor Listrik Khusus, Aman Untuk Komponen

Hal ini disebabkan karena PMSM memerlukan sinkronisasi antara medan magnet stator dan rotor sebelum dapat mulai beroperasi dengan efisien. 

Dalam praktiknya, hal ini berarti bahwa sistem kendaraan harus dilengkapi dengan perangkat elektronik tambahan, seperti inverter dan controller yang kompleks, untuk mengatur dan menyinkronkan start-up. 

Penambahan komponen ini tidak hanya menambah biaya, tetapi juga kompleksitas dalam desain dan perawatan kendaraan listrik.

3. Tantangan dalam Manajemen Termal

Meskipun PMSM dikenal lebih dingin selama operasi dibandingkan motor induksi, manajemen termal tetap menjadi tantangan. Magnet permanen yang digunakan sangat sensitif terhadap panas. 

BACA JUGA:PENTING !! Inilah Fungsi Garansi Komponen Motor Listrik

BACA JUGA:Mau Mudik? Inilah Komponen Motor Listrik yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

Suhu yang terlalu tinggi dapat mengurangi efektivitas magnet dan pada kasus ekstrem bisa menyebabkan demagnetisasi, yang secara permanen mengurangi efisiensi dan output motor.

Oleh karena itu, sistem pendinginan yang efektif sangat krusial untuk menjaga kinerja optimal PMSM. Ini sering mengharuskan adanya tambahan sistem pendinginan pada kendaraan, yang dapat lagi-lagi meningkatkan biaya dan kompleksitas keseluruhan dari sistem kendaraan listrik.

4. Keterbatasan dalam Aplikasi

Meskipun PMSM memiliki banyak keunggulan dalam hal efisiensi dan kepadatan daya, ada keterbatasan dalam aplikasinya. Motor jenis ini paling cocok digunakan dalam aplikasi yang memerlukan kecepatan tinggi dan stabil, seperti kendaraan listrik dan industri yang memerlukan presisi tinggi. 

Namun, untuk aplikasi dengan tuntutan torsi tinggi pada kecepatan rendah, seperti truk berat dan bus, motor induksi mungkin masih lebih cocok karena biaya yang lebih rendah dan kemampuan start yang lebih baik.

BACA JUGA:TINGKATKAN KINERJA! Komponen Motor Listrik yang Dapat Diupgrade

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: