Pasar Kroya Cilacap Akan Kembali Dibangun

Pasar Kroya Cilacap Akan Kembali Dibangun

Suasana area sekitar Pasar Kroya saat ini. Bangunan pasar sudah rata dengan tanah.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pasca kebakaran Pasar Kroya dua tahun silam, geliat perdagangan di pasar induk ini berdenyut pelan. Amukan si jago merah pada tanggal 23 Desember 2021 meluluh lantakkan 300 kios di pasar ini. 

Harapan pembangunan kembali Pasar Kroya silih berganti dari para pedagang. Kini, bangunan yang hangus itu sudah rata dengan tanah. Setelah mediasi panjang melalui meja hijau, Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berjuang untuk kembali membangun Pasar Kroya. 

Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Cilacap, Agus Firmanudin mengatakan, pihaknya baru saja mendapat informasi terkait tahapan pembangunan Pasar Kroya dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cilacap. 

"Tadi saya dapat info dari Bappeda hari ini tahapnya sudah penandatanganan Surat Perintah Kerja (SPK)," katanya, Jumat (19/4/2024).

BACA JUGA:Dibakar Cemburu, Suami Siram Istri Siri dengan Air Keras di Kawunganten, Cilacap

BACA JUGA:Perda Penanganan PGOT di Kabupaten Cilacap Belum Bisa Dilaksanakan, Ini Penyebabnya

Dikatakan Agus, tahap awal pembangunan Pasar Kroya digadang-gadang bisa dimulai pada awal Mei 2024. Namun demikian, pihaknya belum dapat memastikan hal tersebut.

"Mudah-mudahan awal Mei depan sudah mulai tahap pembangunan konstruksi. Tapi karena semua prosesnya berada di Kementrian PUPR jadi kita belum tau pihak pelaksananya," kata Agus.

Pembangunan Pasar Kroya saat ini sudah masuk paket Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 80 miliar. Nantinya, pasar ini sesuai standar nasional Indonesia (SNI) dengan sejumlah fasilitas pendukung dan memiliki 1.424 petak. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: