PAHAMI! Penyebab Kerusakan pada Baterai Motor Listrik, Yang Wajib Diketahui

PAHAMI! Penyebab Kerusakan pada Baterai Motor Listrik, Yang Wajib Diketahui

Beginilah Cara Mengatasi Baterai Motor Listrik yang Tidak Bisa Dicharger-Radar Banyumas -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab kerusakan pada baterai motor listrik perlu diketahui agar nantinya, dapat memperpanjang usia pakai dan memaksimalkan performa. Baterai merupakan jantung kehidupan bagi motor listrik, ibarat organ vital yang menyimpan energi untuk menggerakkan kendaraan ramah lingkungan ini.

Namun sebagai pemilik memahami penyebab kerusakan pada baterai motor listrik, menjadi hal krusial untuk menjaga performa dan memperpanjang usia pakainya.

Baterai merupakan komponen vital pada motor listrik, menyimpan energi yang menunjang performa kendaraan. Memahami penyebab kerusakan pada baterai motor listrik, akan membantu Anda dalam merawatnya dengan baik.



Berikut beberapa poin penting yang perlu diketahui:

1. Pengisian Daya yang Berlebihan (Overcharging)

Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan baterai panas berlebih, yang berakibat pada kerusakan sel internal. Hal ini biasanya terjadi akibat penggunaan charger yang tidak sesuai, atau kebiasaan mengisi daya hingga 100%.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! 4 Dampak Negatif Limbah Elektronik yang Dihasilkan Motor Listrik

BACA JUGA:PERHATIKAN ! Ini Dia Alat Untuk Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

Sebaiknya biasakan mengisi daya hingga 80% saja, dan gunakan charger original yang direkomendasikan oleh pabrikan.

2. Pengosongan Daya Berlebihan (Undercharging)

Di sisi lain mengosongkan daya baterai hingga benar-benar habis (0%), juga dapat merusak sel baterai. Hal ini dapat terjadi jika Anda terlalu lama tidak menggunakan motor listrik, atau membiarkan baterai dalam keadaan kosong dalam waktu lama.

Sebaiknya isi daya baterai saat indikator menunjukkan 20%, dan hindari mengosongkannya sepenuhnya. Kosongnya daya baterai motor listrik, menjadi salah satu penyebab kerusakan pada baterai motor listrik.

3. Suhu Ekstrem

Baterai motor listrik tidak menyukai suhu ekstrem baik panas maupun dingin, paparan suhu panas berlebih dalam waktu lama dapat mempercepat degradasi baterai. Di sisi lain penggunaan motor di cuaca dingin yang ekstrem, dapat membuat performa baterai menurun drastis.

BACA JUGA:Tips Memilih Cat Body Motor Listrik, Bikin Motor Jadi Keren dan Estetik

BACA JUGA:BAHAYA NIH! Jarang Mencuci Motor Listrik Bisa Mengganggu Kinerja Mesin

Sebisa mungkin hindari memarkir motor di bawah terik matahari langsung, atau di tempat yang sangat dingin.

4. Penggunaan Berlebihan

Penggunaan motor listrik yang terlalu berat atau di medan yang menanjak, secara terus menerus dapat mempercepat kerusakan baterai. Hal ini karena baterai harus bekerja lebih keras, untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Sebaiknya hindari penggunaan motor yang berlebihan, dan istirahatkan motor sesekali saat digunakan di medan yang berat.

5. Usia Pakai (Aging)

Seiring waktu kinerja baterai akan menurun secara alami, hal ini disebut aging dan merupakan proses yang tidak dapat dihindari. Namun Anda dapat memperlambat proses penyebab kerusakan pada baterai motor listrik ini, dengan merawat baterai dengan baik.

BACA JUGA:PERBEDAAN V-Belt Motor Listrik dengan Motor Konvensional

BACA JUGA:WASPADA ! Dampak Terlalu Sering Mencuci Motor Listrik

6. Kerusakan Fisik

Kerusakan fisik pada baterai seperti terbentur atau terjatuh, dapat menyebabkan kebocoran internal atau korsleting yang berakibat fatal pada baterai. Berhati-hatilah saat membawa dan menggunakan motor listrik, untuk menghindari kerusakan fisik pada baterai.

7. Ketidakseimbangan Sel

Pada beberapa kasus sel-sel pada baterai dapat mengalami ketidakseimbangan dalam pengisian, dan pengosongan daya yang dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Sistem Manajemen Baterai (BMS) pada motor listrik, biasanya dapat membantu mengatasi masalah ini.

Namun jika BMS pada baterai motor listrik tidak berfungsi dengan baik, maka baterai dapat mengalami kerusakan.

Baterai merupakan komponen vital pada motor listrik, menyimpan energi dan menunjang performa kendaraan. Memahami penyebab kerusakan pada baterai motor listrik dengan baik, menjadi kunci utama untuk menjaga performa dan memperpanjang usia pakainya.

BACA JUGA:Hindari Mudik dengan Motor Listrik di Siang Hari. Ini ALASANNYA !

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah Cara Merawat Knalpot pada Motor Listrik Agar Tidak Berisik

Penyebab kerusakan pada baterai motor listrik antara lain pengisian daya berlebihan, pengosongan daya berlebihan, suhu ekstrem, penggunaan berlebihan, usia pakai, kerusakan fisik, dan ketidakseimbangan sel.

Tips merawat baterai motor listrik meliputi penggunaan charger original, menjaga tingkat pengisian daya ideal, menghindari suhu ekstrem, penggunaan hemat energi, servis berkala, dan mengikuti langkah pencegahan lebih lanjut.

Dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik, Anda dapat menjadi pemilik motor listrik yang bijak dan bertanggung jawab. Rawatlah baterai motor listrik Anda dengan baik untuk menikmati pengalaman berkendara nyaman, aman, dan ramah lingkungan dalam jangka panjang.

Penyebab kerusakan pada baterai motor listrik perlu dipahami, untuk membantu Anda dalam merawat baterai motor listrik. Sehingga performa motor listrik dapat tetap dalam keadaan optimal, dan dapat membuat pengalaman berkendara Anda menjadi mengesankan. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: