Ramadan Bulan Bersejarah

Ramadan Bulan Bersejarah

Dr. Asep Daud Kosasih, S.Pd, M.Ag--

Peristiwa selanjutnya adalah Fathu Makkah atau pembebasan kota Makkah yang terjadi pada 20 Ramadan tahun 8 Hijriyah. Peristiwa ini juga merupakan titik pijak umat Islam pulang ke Makkah, tempat di mana Rasulullah SAW dilahirkan dan perjuangan Islam dimulai. 

Untuk merebut kembali kota Makkah, Rasulullah SAW mengerahkan 10.000 pasukan. Dia menginginkan misi merebut kota Makkah dilakukan dengan penuh kedamaian. Misi itu pun berhasil. 

Makkah berhasil direbut oleh umat Islam tanpa ada pertumpahan darah. Sebagai peristiwa penting di bulan Ramadhan, penaklukan Makkah merupakan titik balik dalam sejarah Islam, di mana kebenaran dan keadilan akhirnya menang atas kezaliman. 

Kejadian ini juga menunjukkan sikap pengampunan dan kemurahan hati Rasulullah SAW kepada musuhnya. Bulan Ramadan juga merupakan bulan kepergian orang-orang terdekat Rasulullah SAW.

Khadijah, istri Rasulullah SAW, wafat pada 10 Ramadan. Sedangkan Aisyah wafat pada 17 Ramadan. Putri Rasulullah SAW, Rukayyah wafat pada 17 Ramadan, sedangkan Fatimah Az- Zahra, wafat pada 3 Ramadan. Sahabat Ali bin Abi Thalib wafat pada 21 Ramadan. 

Ternyata suasana Ramadan di jaman Rasulullah SAW juga pernah diliputi suasana duka lewat peristiwa wafatnya orang terdekat dan dicintai Rasulullah SAW. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: