Antisipasi Potensi Kedaruratan Saat Lebaran, Basarnas Cilacap Siagakan Personil

Antisipasi Potensi Kedaruratan Saat Lebaran, Basarnas Cilacap Siagakan Personil

Personil Basarnas Cilacap saat melakukan konvoi kendaraa penyelamatan untuk kesiapsiagaan penanganan hadapi lebaran, Rabu (3/4/2024).-Basarnas Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Kantor Basarnas SAR Cilacap menggelar apel Siaga SAR Khusus yang bertempat di halaman Kantor SAR Cilacap, yang diikuti oleh seluruh pegawai dan berbagai organisasi potensi SAR pada Rabu (3/4/2024).

Giat tersebut dalam rangka antisipasi maraknya keramaian yang berpotensi kedaruratan seperti kemacetan di jalan raya, kecelakaan moda transportasi, dan kecelakaan di tempat wisata saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 1445 Hijriah ini dilakukan selama 16 hari, mulai tanggal 3 April 2024 sampai 18 April 2024.

"Apel ini dilaksanakan guna mengetahui kesiapsiapan seluruh sumberdaya, baik kesiapan personel  maupun sarana dan prasarana agar siap siaga mengantisipasi terjadinya kecelakaan, bencana, dan kondisi darurat pada masa angkutan lebaran tahun 2024," kata Kepala Kantor Basarnas Cilacap Adah Sudarsa, Rabu (3/4/2024).

BACA JUGA: Suami Bunuh Istrinya dengan Pisau, Pelaku Diamankan di Polresta Cilacap

BACA JUGA:Dishub Cilacap Lakukan Persiapan Mudik Lebaran Jalur Laut

Dalam apel siaga SAR Khusus ini, Basarnas Cilacap menyiagakan sebanyak 65 personil di Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Banyumas, dan Posko Kebumen.

"Peralatan yang kita kerahkan seperti alat utama (alut) SAR seperti Rigid Inflatable Boat, Rescue Truck, Rescue Carrier, Rescue Car, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR demi terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi dengan berbagai unsur terkait," lanjut Adah.

Dalam apel tersebut, Adah meminta para petugas agar melaksanakan Siaga SAR Khusus ini dengan profesionalisme. Kemudian meningkatkan sinergi dengan potensi SAR.

"Selalu update informasi cuaca, lakukan pemantauan di daerah rawan, check dan recek kesiapan peralatan dan perlengkapan SAR, optimalkan penggunaan drone, dan sosialisasikan SAR, emergency call 115 kepada masyarakat untuk bekerja sama dengan otoritas terkait agar dapat merasakan kehadiran Basarnas," tutup Adah. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: