WASPADA! Begini Cara Menjaga Baterai Motor Listrik agar Tidak Terbakar

WASPADA! Begini Cara Menjaga Baterai Motor Listrik agar Tidak Terbakar

Cara menjaga baterai motor listrik agar tidak terbakar-Otoinfo.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara menjaga baterai motor listrik agar tidak terbakar adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pemilik kendaraan listrik. 

Kebakaran baterai dapat membahayakan keselamatan pengguna dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pengetahuan tentang langkah-langkah pencegahan yang efektif sangatlah penting. 

Mari kita bahas berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan baterai motor listrik. Ayo simak bersama!

1. Pilih Lokasi Pengisian yang Aman

Penting untuk memilih lokasi pengisian baterai motor listrik dengan bijaksana agar terjamin keamanannya. Disarankan untuk mengisi baterai motor di tempat yang aman, seperti di area yang teduh dan terlindung dari gangguan. 

BACA JUGA:YUK SIMAK!! 5 Jenis Baterai Motor Listrik, Beserta Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Merawatnya

BACA JUGA:Ini yang BENAR! Cara Merawat Baterai Agar Kinerja Motor Listrik Maksimal

Lebih baik lagi jika proses pengisian dilakukan di dalam ruangan, hal ini dapat menghindarkan baterai dari gangguan cuaca ekstrem dan potensi kontaminasi oleh debu atau kotoran yang dapat merusak kinerja baterai.

2. Hindari Overcharging

Overcharging, yaitu pengisian baterai hingga penuh secara berlebihan. Tindakan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kinerja baterai dan mempersingkat masa pakainya. 

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk menggunakan colokan timer saat mengisi baterai motor listrik. Dengan menggunakan colokan timer, Anda dapat mengatur waktu pengisian baterai, misalnya hanya mengisi selama satu jam, sehingga risiko overcharging dapat diminimalkan. 

Dengan demikian, umur baterai motor listrik dapat dipertahankan lebih lama dan kinerjanya tetap optimal dalam jangka waktu yang lebih panjang.

BACA JUGA:Mengganti Baterai Motor Listrik Ternyata PRAKTIS BANGET

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: