YUK CARI yang PRAKTIS! Motor Listrik Baterai Swap

YUK CARI yang PRAKTIS! Motor Listrik Baterai Swap

Motor Listrik Baterai Swap, Solusi Praktis dan Ramah Lingkungan-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor Listrik Baterai Swap menghadirkan terobosan baru di dunia kendaraan ramah lingkungan. Berbeda dengan Motor Listrik biasa yang baterainya tertanam, Motor Listrik Baterai Swap mengusung sistem tukar baterai.

Meningkatnya kendaraan listrik khususnya motor yang semakin diminati masyarakat, dengan alasan utamanya mengurangi pencemaran udara akibat emisi gas buang. Pemerintah Indonesia pun turut mendukung dengan memberikan kebijakan subsidi Motor Listrik, dan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Namun terkadang mengisi ulang baterai Motor Listrik di SPKLU bisa memakan waktu yang cukup lama, mirip seperti mengisi bensin pada motor konvensional. Untuk mengatasi hal tersebut hadirlah teknologi menarik di dunia Motor Listrik, yang disebut dengan Baterai Swap.

Hal ini menjadi solusi praktis untuk pengisian daya, karena pengguna dapat menukar baterai kosong dengan baterai penuh dengan cepat dan mudah. Konsep Baterai Swap ini terbilang simpel, namun sangat membantu para pengguna Motor Listrik dalam pengisian daya.

BACA JUGA:LEBIH IRIT! Inilah 7 Keuntungan Membeli Motor Listrik Subsidi

BACA JUGA:JANGAN PANIK! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Motor Listrik yang Tiba-tiba Mati

Jika Anda tertarik dengan motor listrik yang menggunakan sistem baterai swap, berikut beberapa rekomendasi yang tersedia di Indonesia:

1. Smoot Tempur

Smoot Tempur merupakan motor listrik baterai swap, yang mengusung desain sporty dan modern. Dengan sekali tukar baterai Smoot Tempur dapat melaju, hingga sejauh 60 km dengan kecepatan maksimal hingga 60 km/jam.

Untuk harganya sendiri motor listrik Smoot Tempur, dibanderol dengan harga sekitar Rp 18,5 juta (sebelum subsidi).

2. Smoot Zuzu

Bagi Anda yang mencari motor listrik baterai swap berdesain klasik dan stylish, maka Smoot Zuzu bisa menjadi pilihan yang tepat. Soal harga dan kemampuan baterainya pun tak jauh berbeda dengan Smoot Tempur, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera desain.

BACA JUGA:ANDA PERLU TAHU ! 5 Tips Membeli Motor Listrik yang Tepat dan Sesuai Dengan Kebutuhan

BACA JUGA:Inilah 7 Faktor Pendukung Berkembang Pesatnya Motor Listrik di Indonesia

3. Volta 401

Motor listrik baterai swap selanjutnya adalah Volta 401, motor listrik ini cocok untuk Anda yang hobi melintasi berbagai medan jalan. Sesuai dengan peruntukannya Volta 401 memiliki desain sporty dan tangguh.

Dibanderol dengan harga Rp 16,95 juta (sebelum subsidi), Volta 401 dapat menempuh jarak sejauh 60 km dengan kecepatan maksimal hingga 55 km/jam.

4. Volta Virgo

Sama seperti Smoot Zuzu, Volta Virgo memiliki desain stylish dan modern yang cocok dikendarai oleh wanita. Harganya pun sejalan dengan Volta 401, begitu pula dengan performanya dalam hal jarak tempuh dan kecepatan maksimal.

5. Gesits G1

Jika Anda menyukai motor listrik baterai swap dengan desain sporty dan futuristik, maka Gesits G1 bisa menjadi pilihan yang menarik. Gesits G1 memiliki performa paling gahar di antara motor listrik yang direkomendasikan, dengan daya sebesar 3.000 watt.

BACA JUGA:CEK! Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik, Memperpendek Usia Baterai

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Saat Musim Hujan, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Rusak

Namun performa yang gahar tersebut tentunya diimbangi dengan harga yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 28,7 juta (sebelum subsidi). Meskipun memiliki daya yang lebih besar, jarak tempuh Gesits G1 sedikit lebih rendah dibandingkan motor lainnya.

Jarak tempuh dari motor listrik Gesits G1 sendiri yaitu, sejauh 50 km dengan kecepatan maksimal hingga 70 km/jam.

Kelebihan Motor Listrik Baterai Swap

Sistem baterai swap memiliki beberapa kelebihan, yang harus Anda ketahui diantaranya yaitu:

a. Praktis dan Mudah

Keunggulan utama dari motor listrik baterai swap adalah kepraktisannya, sehingga Anda tak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai motor listrik. Cukup tukar baterai kosong dengan baterai penuh dengan cepat, dan mudah di tempat penukaran baterai yang disediakan.

BACA JUGA:Rekomended Banget! Inilah Daftar Motor Listrik dengan Harga MURAH

BACA JUGA:Ini BAHAYA yang Ditimbulkan Ketika Motor Listrik Tidak Bersuara

b. Hemat Waktu

Pada motor listrik baterai swap ini secara tidak langsung turut menghemat waktu, sehingga Anda tak perlu lagi menunggu proses pengisian daya. Yang pengisiannya sendiri bisa memakan waktu hingga berjam-jam, terutama jika daya baterai motor listrik Anda benar-benar habis.

c. Ramah Lingkungan

Penggunaan motor listrik baterai swap dapat membantu mengurangi polusi udara. Mengapa demikian? Sebab pengguna tidak perlu lagi membuang baterai bekas, yang tentunya berdampak negatif terhadap lingkungan.

Kekurangan Motor Listrik Baterai Swap

Sistem baterai swap memiliki beberapa kekurangan, yang harus Anda ketahui diantaranya yaitu:

a. Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan swap baterai bisa jadi lebih mahal, dibandingkan dengan biaya pengisian daya sendiri di rumah. Hal ini tergantung pada kebijakan penyedia jasa baterai swap.

BACA JUGA:PEMULA Harus Tahu! Kesalahan Perawatan Motor Listrik yang Harus Dihindari Saat Mencuci Motor

BACA JUGA:TIPS MUDAH Mencuci Motor Listrik, Dijamin Awet dan Optimal

b. Ketersediaan

Saat ini stasiun baterai swap belum tersedia di semua wilayah Indonesia, ketersediaan stasiun ini masih terbatas di kota-kota besar saja. Pastikan terlebih dahulu daerah tempat tinggal Anda sudah memiliki stasiun baterai swap, sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik dengan sistem ini.

Motor Listrik Baterai Swap menawarkan solusi praktis dan ramah lingkungan, bagi pengguna kendaraan listrik roda dua. Sehingga dimungkinkan penggantian baterai kosong dengan baterai penuh dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menunggu lama untuk proses pengisian daya. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: