Perbandingan Motor Listrik dengan Motor Konvensional yang Jarang Diketahui

Perbandingan Motor Listrik dengan Motor Konvensional yang Jarang Diketahui

Perbedaan sepeda motor bensin dan sepeda motor listrik yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.-Fahma Ardiana-

Sepeda motor berbahan bakar bensin memerlukan perawatan secara berkala, hal ini untuk memastikan kenyamanan penggunaan mesin. Kegagalan melakukan hal ini dapat menyebabkan kerusakan ringan pada mesin. 

Dengan sepeda motor listrik, hal itu tidak perlu lagi. Sepeda motor listrik hanya memerlukan perawatan seperti penggantian kampas rem, minyak rem, dan ban.

Kekurangan Sepeda Motor Bensin

Di bawah ini merupakan kekurangan dari motor bensin:

1. Pencemaran lingkungan

Salah satu permasalahan lingkungan yang mematikan adalah atmosfer, yang merupakan polusi dari kendaraan dan pabrik yang menyebabkan polusi udara. Pencemar utama termasuk kendaraan bermotor. 

Hal ini berdampak pada kesehatan manusia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Global Alliance on Health and Pollution (GAHP) pada tahun 2017, polusi udara diketahui menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Disusul polusi air, polusi timbal, dan polusi di tempat kerja.

2. Lebih boros

Saat menggunakan sepeda motor berbahan bakar bensin, pengguna harus menerima naik atau turunnya harga bahan bakar. Mengingat harga bahan bakar sering naik, penjualan sepeda motor di dalam negeri akan terkena dampaknya.

Kekurangan Sepeda Motor Listrik

Berikut di bawah ini kekurangan motor listik:

1. Mengisi baterai

Berbeda dengan bensin yang mudah didapat, sepeda motor listrik memiliki masalah dalam mengisi baterainya. Hal ini disebabkan masih sedikitnya jumlah SPBU pemerintah yang memiliki stasiun energi ramah lingkungan (SPBU GES).

2.Bengkel sedikit

Bengkel sepeda motor listrik juga sangat jarang karena pengguna sepeda motor listrik masih sedikit. Hal ini bisa menjadi masalah jika motor listrik yang digunakan mengalami kerusakan atau bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: