WASPADA! Ini Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Baterai Motor Listrik Cepat Soak

WASPADA! Ini Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Baterai Motor Listrik Cepat Soak

Kebiasaan sepele yang menyebabkan baterai motor listrik cepat soak-Honda Motor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebiasaan sepele yang menyebabkan baterai motor listrik cepat soak sangat perlu untuk dihindari. Hal ini disebabkan karena baterai merupakan salah satu elemen penting di motor listrik

Apalagi harga beli dan juga biaya service baterai motor listrik yang tidak murah membuat kita harus merawatnya degan baik. Salah satunya dengan mengetahui faktor penyebab baterai cepat soak.

Namun, belum banyak pengguna yang mengetahui apa saja hal yang menyebabkan baterai motor listrik cepat soak. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sering diaggap sepele, padahal berakibat fatal pada kondisi baterai

1. Meninggalkan Motor Terisi Penuh Terlalu Lama

Kebanyakan orang berpikir bahwa meninggalkan motor dalam kondisi terisi penuh adalah hal yang baik. Namun, hal ini sebenarnya dapat merugikan baterai. 

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

BACA JUGA:Tips Menghemat Baterai Saat Menggunakan Motor Listrik

Ketika baterai terus-menerus terpapar oleh listrik saat sudah mencapai kapasitas penuh, ini dapat menyebabkan panas berlebih dan akhirnya merusak sel-sel baterai. Ini karena saat baterai mencapai penuh, energi yang masih dialirkan ke dalamnya tidak dapat disimpan lagi, sehingga berpotensi memicu overheating dan penurunan kinerja baterai secara keseluruhan. 

2. Mengabaikan Penggunaan Charger Otomatis

Sebagian besar motor listrik dilengkapi dengan charger otomatis yang seharusnya berhenti mengisi daya begitu baterai mencapai level penuh. Namun, banyak orang mengabaikan charger otomatis ini dan terus mengisi daya baterai tanpa memperhatikan apakah sudah penuh atau tidak. 

Ini dapat mengakibatkan baterai terus terpapar oleh listrik, menyebabkan soak dan merusak baterai. Mengabaikan fungsi charger otomatis ini merupakan kebiasaan yang sering diabaikan namun berdampak besar pada kesehatan baterai motor listrik. 

Sebagai pemilik motor listrik, penting untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan dan mengikuti prosedur yang diberikan oleh produsen agar baterai dapat tetap berfungsi dengan baik dan awet.

BACA JUGA:6 Tips Menghemat Baterai Motor Listrik yang Mudah Dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: