Tips Menghemat Baterai Saat Menggunakan Motor Listrik

Tips Menghemat Baterai Saat Menggunakan Motor Listrik

Beberapa tips dan cara untuk menghemat energi saat berkendara menggunakan sepeda motor listrik.-Fahma Ardiana-

Lalu bagaimana cara menghemat baterai sepeda motor listrik dalam jangkauan maksimal dengan lebih lancar? Anda dapat menggunakan beberapa tips menghemat baterai saat menggunakan motor listrik:

1. Pastikan tekanan ban pada sepeda motor listrik sudah benar

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

BACA JUGA:AWAS!!! Inilah 4 Kesalahan Saat Membeli Motor Listrik

 

Sebelum Anda berangkat ke tujuan dengan sepeda motor listrik terpercaya Anda, sebaiknya periksa apakah kedua ban memiliki tekanan udara yang benar.

Masalahnya, jika tekanan ban Anda lebih rendah dari batas anjuran pabrikan, maka ban Anda akan mengalami tekanan yang lebih besar saat melaju di trotoar.

Nah, gaya gesekan yang lebih besar ini memerlukan tenaga yang lebih besar dari mesin sepeda motor, sehingga mesin tersebut menggunakan lebih banyak energi dari aki. Hal ini mengurangi kapasitas baterai dan jangkauan berkendara maksimum.

2. Berkendara pelan-pelan

BACA JUGA:INI BEDANYA! Karakteristik Kemudi Motor Listrik dengan Motor Konvensional

BACA JUGA:Ternyata MUDAH! Inilah Cara Mengendarai Motor Listrik yang Tepat Bagi Pemula

Logikanya, semakin tinggi kecepatan kendaraan, maka semakin besar pula tenaga yang dibutuhkan untuk mengakselerasi throttle dan mesin.

Untuk memaksimalkan jangkauan baterai sepeda motor listrik, Anda perlu menjalankannya dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat.

Agar lebih mudah, ikuti rambu peringatan batas kecepatan di kedua sisi jalan. Langkah ini penting tidak hanya untuk menghemat energi pada sepeda motor listrik Anda, tetapi juga untuk menjamin keselamatan saat berkendara.

Alternatifnya, Anda dapat mengaktifkan mode berkendara Eco, yang kini dimiliki banyak sepeda motor listrik, untuk menghemat daya baterai dan sekaligus membatasi kecepatan tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: