SIMAK! Tips Aman Menggunakan Motor Listrik dalam Berbagai Kondisi

SIMAK! Tips Aman Menggunakan Motor Listrik dalam Berbagai Kondisi

Tips Aman Menggunakan Motor Listrik dalam Berbagai Kondisi-Tek.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips aman mengendarai motor listrik dalam berbagai kondisi menjadi hal yang penting, mengingat kendaraan jenis ini semakin populer di kalangan masyarakat. 

Namun, meskipun dirancang dengan berbagai teknologi yang canggih. Untuk menjaga motor listrik tetap aman digunakan dalam berbagai kondisi, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna agar pengalaman berkendara tetap nyaman dan aman.

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang perlu diingat agar dalam mengendarai motor listik tetap aman. 

1. Hindari Menerobos Banjir dengan Motor Listrik

Meskipun motor listrik telah dirancang agar dapat digunakan secara aman saat kondisi hujan dan melewati genangan air, tetapi sebagai tindakan pencegahan, disarankan untuk menghindari menerobos banjir dengan motor tersebut. 

BACA JUGA:Tips Hemat Baterai Motor Listrik Saat Berkendara

BACA JUGA:Cara Mudah Merawat Motor Listrik

Walaupun motor mungkin bisa melewati air dengan lancar, risiko terhadap komponen kelistrikan dan sistem penggerak tetap ada. Selain itu, genangan air yang cukup dalam dapat menimbulkan kerusakan serius pada motor dan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan memilih rute alternatif jika memungkinkan untuk menghindari genangan air yang berbahaya.

2. Hindari Mencuci Motor Listrik dengan Air Bertekanan

Penting juga untuk diingat bahwa mencuci motor listrik dengan air bertekanan bisa membahayakan komponen kelistrikannya. Hal ini terutama terjadi saat membersihkan bagian kolong bodi motor, di mana terdapat semacam kisi-kisi udara yang dapat menjadi celah bagi air untuk masuk ke dalam sistem kelistrikan. 

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan cara pembersihan yang lebih aman, seperti menyeka dengan kain lembut yang dibasahi atau menggunakan sikat halus untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor. 

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Motor Listrik Menjadi Pilihan Ideal Untuk Berkendara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: