Tetap Bugar Di Saat Puasa

Tetap Bugar Di Saat Puasa

Dr. Yudha Febrianta, M.Or., AIFO. (Dosen Olahraga FKIP UMP)-HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

Oleh Dr. Yudha Febrianta, M.Or., AIFO. (Dosen Olahraga FKIP UMP)

Alhamdulillahi rabbil 'alamin bulan yang penuh berkah, bulan yang paling mustajab dalam berdoa, beribadah, dan bulan yang paling ditunggu umat islam di dunia sudah datang yaitu bulan Ramadan.

Bulan Ramadan sering juga disebut bulan puasa. Dimana seluruh umat islam di dunia diwajibkan untuk berpuasa sehari penuh menahan makan dan minum. Bulan yang penuh berkah harus kita manfaatkan dengan baik dalam melakukan ibadah atau amaliah Ramadan.

Untuk itu salah satu hal yang harus kita lakukan supaya dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan ini khusuk dan sehat yaitu menjaga kebugaran. Supaya dalam keadaan puasa kita tetap bugar dan dapat melaksanakan amaliah Ramadan dengan baik dan lancar. Kita akan bahas tips menjaga kebugaran Ketika kita berpuasa.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, DPUPR Purbalingga Kebut Tangani Kerusakan Jalan Perbatasan

Pertama melakukan kegiatan fisik atau olahraga. Menjelang buka puasa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga walaupun sehabis sahur atau olahraga di pagi hari juga tidak masalah.

Jadi walaupun puasa kita harus tetap melakukan kegiatan olahraga minimal 30 menit. Bentuk latihan yang bisa kita lakukan dengan cara olahraga ringan misalnya angkat beban atau jogging ringan.

Kita bisa melakukan angkat beban dan jogging ringan karena aktivitas tersebut tidak banyak mengeluarkan keringat sehingga tubuh kita akan kehilangan banyak cairan.

BACA JUGA:Serahkan LKPJ kepada DPRD, Bupati Purbalingga Sampaikan 9 Capaian Makro

Aktivitas tersebut dilakukan selama 30 menit sebelum berbuka puasa. Tubuh akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi dalam melakukan aktivitas fisik.

Kedua siasati berbuka dengan makanan yang manis, pada bulan Ramadan kebanyakan kita berbuka dengan menggunakan kurma, kurma adalah buah yang sifatnya kemasan harusnya seratnya rendah namun untuk kurma serat tinggi.

Kemudian kandungan glukosa untuk energi itu sangat bagus dari glukosa. Dibandingkan dengan sirup atau the yang bias kita konsumsi. Jadi serat dalam kurma termasuk tinggi dan baik untuk tubuh kita. Kurma memiliki rasa manis atau sumber glukosa.

BACA JUGA:Empat Bangunan di Banjarnegara Terbakar, Penyebab Kebakaran Masih Diselidiki

Tubuh yang sedang berpuasa dalam sehari tentunya membutuhkan energi setelah berpuasa maka dengan mengkonsumsi kurma tubuh sudah mendapatkan asupan glukosa untuk energi.

Ketiga pola makan saat berbuka, pada saat akan mengkonsumsi makanan saat berbuka kita harus memperhatikan makanan yang di konsumsi. Jangan sampai makanan yang kita konsumsi membuat kita kekenyangan dan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap.

Sebaiknya mengkonsumsi makanan dari sumber non karbohidrat didahulukan setelah itu baru karbohidrat supaya tidak terlalu banyak karbohidrat karena kita akan melaksanakan kegiatan sholat isyak dan dilanjut tarawih. Sehingga kita tidak akan kesulitan dalam melakukan aktivitas selanjutnya.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Mantan Kades Sindang Mrebet Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Semarang

Keempat menjaga supaya tidak Over mengkonsumsi makanan, karena tubuh sudah melakukan puasa dalam seharian maka kita akan mengkonsumsi makanan yang cenderung banyak, untuk itu perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan.

Untuk itu cairanlah yang perlu kita masukkan kedalam tubuh untuk mengganti cairan yang tidak masuk dalam tubuh dalam sehari. Ketika kita minum yang banyak maka akan menahan makanan yang kita konsumsi terlalu banyak masuk dalam tubuh kita.

Kelima mensiasati makan sahur yang baik, sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk makan sahur sebaiknya diperbanyak mengkonsumsi protein dan lemak misalnya dengan kita mengkonsumsi telur.

BACA JUGA:Inflasi di Cilacap Optimis Terkendali selama Ramadan

Dari putih telur mengandung protein dan kuning telur mengandung lemak. Serta konsumsi cairan dan buah-buahan serta sayuran. Hindari makanan yang mengandung minyak tinggi karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk disiang hari.

Keenam menjaga pola istirahat, kita akan bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur dan melaksanakan sholat subuh. Maka dari itu kita harus menghindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik untuk membuat tubuh kita menjadi tetap segar.

Demikian tips menjaga kebugaran pada saar bulan Ramadan. Mengingat saat bulan puasa tentunya akan menjalankan rutinitas yang seperti biasanya bahkan ada rutinitas tambahan yang tidak diduga.

BACA JUGA:72 ASN di Banyumas Pernah Tercatat Sebagai Penerima Bansos

Dengan begitu membutuhkan zat yang lebih banyak dari biasanya, maka lakukanlah pola hidup sehat agar Kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Cukup dengan perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, rutin berolahraga, dan atur waktu istirahat dengan baik. Selamat menunaikan ibadah puasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: