5 Fungsi Fitur Hill Start Assist di Mobil Modern & Cara Kerjanya!
Fitur Hill Start Assist di Mobil--
RADARBANYUMAS.CO.ID - Pernah nggak sih ngerasa jantung kayak mau copot waktu nyetir di tanjakan, apalagi pas jalanan lagi macet?
Buat yang baru-baru pegang setir, situasi kayak gitu bisa jadi horor tersendiri. Bukan cuma soal takut mobil mundur, tapi juga soal tekanan dari pengendara lain di belakang yang kadang nggak sabaran.
Tapi tenang, teknologi sekarang udah makin bersahabat. Salah satu fitur keren yang bisa banget jadi penyelamat di kondisi ini adalah Hill Start Assist, atau yang biasa disingkat HSA.
Fitur ini mungkin kecil dan nggak sepopuler sunroof atau kamera 360, tapi dampaknya besar banget—terutama buat kamu yang masih dalam tahap belajar atau baru berani bawa mobil sendiri.
BACA JUGA:Bahaya Ngegas Mobil Saat Mesin Dingin, Ini Efek Buruknya
Buat yang belum familiar, HSA adalah fitur yang membantu mobil tetap “diam” selama beberapa detik saat kamu berhenti di tanjakan.
Jadi, pas kamu lepas rem buat pindah ke pedal gas, mobil nggak langsung mundur. Fitur ini kasih waktu buat kamu nyiapin diri tanpa harus panik atau buru-buru.
Bayangin deh, kamu lagi bawa mobil manual di daerah perbukitan. Lalu tiba-tiba macet. Harus mulai jalan lagi di tanjakan itu perjuangan.
Salah dikit bisa bikin mobil ngeluncur mundur dan nyundul mobil orang di belakang.
BACA JUGA:Toyota bZ3X Mobil Listrik Mewah & Futuristik Setara LCGC Harga Mulai Rp 240 Jutaan
Nah, di sinilah Hill Start Assist bekerja kayak malaikat penjaga—ngasih jeda beberapa detik supaya kamu bisa pindah kaki dari rem ke gas tanpa drama.
Fitur ini bekerja berkat kombinasi sensor canggih dan sistem pengereman yang otomatis.
Ada dua sensor utama yang jadi otaknya HSA. Yang pertama bertugas ngecek posisi mobil: apakah lagi di tanjakan atau turunan.
Sensor ini baca sudut kemiringan kendaraan buat tahu kalau kondisi jalan nggak datar.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


