Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

Minggu 18-02-2024,07:53 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Manfaat Makan Cokelat untuk Kesehatan

 

 

Selain itu, mengunyah permen karet dapat mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda merasa tenang. Jika Anda sering merasa cemas atau stres karena demam panggung atau mengantri, cobalah mengunyah permen karet sebagai salah satu alat untuk mencegah rasa cemas dan stres.

3. Peningkatan Kekuatan Otak

Manfaat mengunyah permen karet yang ketiga adalah meningkatkan kekuatan otak. Ini termasuk pemahaman, ingatan, perhatian, dan kemampuan mengambil keputusan. Tentu saja mengunyah permen karet meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Selain itu, mengunyah permen karet yang mengandung glukosa meningkatkan sirkulasi darah pada sistem saraf dan tentu saja meningkatkan fungsi otak. Pergerakan otot wajah akibat mengunyah permen karet juga mengakibatkan penurunan produksi neurotransmitter.

BACA JUGA:Lebih dari Sekadar Rasa Manis, Ini 5 Manfaat Permen Karet bagi Kesehatan

BACA JUGA:Cara Membuat Ringo Ame yang Manis, Permen Buah Apel Seperti di Anime

4. Mencegah Bau Mulut

Manfaat permen karet yang keempat adalah mencegah bau mulut. Perlu Anda ketahui bahwa bau mulut disebabkan oleh noda gigi, proses karies gigi, dan produk sisa bakteri pencernaan. Kombinasi ini menghasilkan senyawa yang menimbulkan bau napas tidak sedap.

Permen karet secara otomatis menghilangkan kotoran, bakteri, dan bau tidak sedap pada permen. Selain itu, jika permen tersebut mengandung penyegar mulut, dapat langsung membunuh bakteri yang dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

5. Mencegah Kerusakan Gigi

Manfaat permen karet yang kelima adalah mencegah kerusakan gigi. Pasalnya, mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur yang berperan penting dalam membersihkan partikel makanan dari gigi Anda dengan cara menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri sehingga dapat melawan bakteri penyebabnya.

Untuk mencegah gigi berlubang, sebaiknya kunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setiap hari. Mengunyah permen karet dengan tambahan gula dapat memperburuk kondisi gigi dan tidak dianjurkan.

Itulah dia beberapa manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. (fah)

Kategori :