Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Mana yang Lebih Worth It?

Rabu 31-01-2024,21:49 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Inilah 6 Faktor Penyebab Bensin Motor Boros

BACA JUGA:Pentingnya Rutin Mengganti Oli Motor, Bukan Sekedar Teknik Marketing Loh

3. Harga

Dari segi harga, ban tubeless memang lebih mahal daripada ban biasa. Hal ini disebabkan oleh keunggulan yang dimiliki oleh ban tubeless yang tidak ada pada ban biasa. Perbedaan harga yang signifikan ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Contohnya, harga ban tubeless untuk motor matic berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan, harga ban biasa biasanya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu saja. Perbedaan harga tersebut memang sejalan dengan kualitas dan bahan pembuatan kedua jenis ban.

4. Kenyamanan dalam Penggunaan

Ketika membicarakan soal kenyamanan, baik ban jenis tubeless maupun ban biasa memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Ban tubeless dikenal lebih nyaman dan ringan saat digunakan, tetapi kurang efektif saat melewati jalan licin atau basah.

Sebaliknya, ban biasa lebih dapat diandalkan saat menghadapi kondisi cuaca yang basah dan licin. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, ban jenis biasa cenderung lebih berat dan tidak semudah ban tubeless. Oleh karena itu, baik ban tubeless maupun ban biasa memiliki keunggulan dan kelemahan pada aspek kenyamanan.

BACA JUGA:6 Cara Mudah Membuat Suara Motor Matic Kembali Halus Seperti Baru

BACA JUGA:Menjaga Tampilan Motor Agar Selalu Terawat dengan Baik

5. Perawatan Ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa yang perlu diperhatikan adalah perawatan ban. Banyak yang setuju bahwa ban tubeless lebih mudah untuk dirawat karena daya tahannya yang lebih baik dan kemampuannya dalam mengatasi kebocoran atau tusukan seperti paku di jalan.

Ban biasa memerlukan sedikit usaha lebih dalam perawatannya karena kurangnya daya tahan dan sulitnya memperbaikinya saat terkena tusukan atau benda tajam lainnya. Meskipun demikian, keduanya akan cepat mengalami keausan jika digunakan secara agresif.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan ban tubeless dan ban biasa, yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. (amp)

Kategori :