Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Mana yang Lebih Worth It?

Rabu 31-01-2024,21:49 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ban tubeless dan ban biasa menjadi bagian penting yang dicari oleh banyak orang ketika mereka ingin mengganti atau membeli ban baru. Namun, banyak orang masih bingung untuk membedakan keduanya.

Bagi Anda yang sering menggunakan motor, penting untuk memahami perbedaan ban tubeless dan ban biasa. Selain dari harga yang berbeda, ada perbedaan lain yang perlu Anda ketahui.

Ada lima hal yang bisa membantu Anda mengetahui perbedaan ban tubeless dan ban biasa. Hal-hal ini bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membeli ban baru. Berikut ini penjelasannya.

5 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Membedakan antara ban tubeless dan ban biasa sebenarnya cukup mudah dilakukan, karena kita dapat melihat beberapa perbedaan fisik dari keduanya. Namun, ada beberapa aspek lain yang penting untuk kita ketahui dalam membedakan jenis-jenis ban ini.

BACA JUGA:Menjaga Tampilan Motor Agar Selalu Terawat dengan Baik

BACA JUGA:Mengenal Jenis-jenis Motor Berdasarkan Kebutuhan

Berikut adalah lima aspek yang membedakan antara ban tubeless dan ban biasa:

1. Bahan Pembuatan Ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa yang pertama dan paling mencolok terletak pada bahan pembuatannya. Pada ban tubeless, bahan yang digunakan masih sama dengan ban biasa, yaitu karet. Namun, perbedaannya terletak pada adanya lapisan fluid sealant yang membuat ban menjadi lebih rapat.

Sementara itu, ban biasa atau non tubeless tidak memiliki lapisan tersebut. Karena itu, ban tubeless lebih tahan dan cepat rapat saat terkena benda tajam. Berbeda dengan ban biasa yang tidak memiliki fitur tersebut.

2. Daya Tahan Ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa yang berikutnya adalah dalam hal durabilitas atau ketahanan dari kedua jenis ban tersebut. Ban tubeless umumnya lebih tahan lama dan kuat dibandingkan dengan ban biasa.

Banyak pengguna yang mengatakan bahwa ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu menghadapi berbagai medan perjalanan. Namun, hal ini tergantung pada penggunaan sehari-hari dalam mengendarai motor atau mobil.

Kategori :