Menggali Dampak Kebanyakan Minum Air Putih bagi Tubuh Anda, Menyehatkan atau Bahaya?

Sabtu 27-01-2024,21:38 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meminum air putih memang memiliki sejumlah manfaat yang tidak bisa diabaikan, namun kebanyakan minum air putih justru dapat berdampak negatif pada kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Air merupakan elemen utama dalam tubuh manusia. Sekitar 50–70% dari total tubuh manusia terdiri dari air. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan optimal. 

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, termasuk dengan minum air putih.

Kebanyakan minum air putih ternyata dapat membawa dampak yang merugikan karena dapat menyebabkan tubuh kelebihan cairan, yang disebut dengan istilah overhidrasi. Overhidrasi dapat menimbulkan gangguan, termasuk ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat berpotensi membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Pentingnya Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Apakah Minum Air Es Menyebabkan Kenaikan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini!

Ciri Tubuh Terlalu Banyak Minum Air Putih

Seseorang yang mengalami overhidrasi pada awalnya mungkin tidak menunjukkan gejala apapun. Namun, warna urine dapat menjadi indikator kecukupan cairan dalam tubuh.

Warna urine yang lebih gelap dapat menandakan kekurangan cairan dalam tubuh dan memerlukan asupan air yang lebih banyak. Sebaliknya, urine yang tidak berwarna atau jernih bisa menjadi tanda bahwa seseorang telah kebanyakan minum air putih.

Selain perubahan warna urine, kebanyakan minum air putih juga dapat ditandai dengan kebiasaan minum air meskipun tidak merasa haus, sering buang air kecil, serta perubahan warna pada kulit tangan, kaki, dan bibir.

Dampak Kebanyakan Minum Air Putih

Meskipun kebanyakan minum air putih umumnya jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius, namun dapat menyebabkan ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan air dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kadar garam dalam tubuh atau hiponatremia. 

BACA JUGA:Apakah Boleh Minum Air Hujan? Cek Faktanya di Sini!

BACA JUGA:Minum Air Es Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Kategori :