Sudah Tahu Belum? Begini Cara Menangani Gejala Mata Minus dengan Efektif

Jumat 19-01-2024,03:33 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Semakin Parah

BACA JUGA:8 Tips and Trik Menjaga Kesehatan Mata Untuk Kalian yang Kerja di Depan Komputer

2. Menggunakan Lensa Kontak

Bagi yang tidak suka mengenakan kacamata, gejala mata minus dapat diatasi dengan lensa kontak. Lensa kontak terbuat dari bahan lembut dan fleksibel yang menempel langsung pada kornea. Prinsip kerjanya mirip dengan kacamata, yaitu dengan membantu membelokkan cahaya agar jatuh dengan tepat pada retina.

3. Melakukan Bedah Refraksi

Bedah refraksi adalah prosedur operasi mata menggunakan laser. Tujuannya adalah memperbaiki bentuk kornea mata sehingga cahaya dapat jatuh dengan tepat pada retina, meningkatkan ketajaman penglihatan. Meskipun ada beberapa jenis prosedur, seperti LASIK, PRK, dan SMILE, tidak semua orang bisa menjalaninya dan terdapat beberapa efek samping.

4. Menerapkan Metode Orthokeratology

Orthokeratology atau Ortho-K merupakan metode nonbedah di mana lensa kontak dipakai saat tidur untuk sementara waktu. Tujuannya adalah memperbaiki bentuk kornea mata. Walaupun lensa kontak Ortho-K hanya digunakan saat tidur, kornea mata dapat mempertahankan bentuknya sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

5. Menggunakan Tetes Mata Atropin Dosis Rendah

Selain cara-cara di atas, gejala mata minus juga bisa diatasi dengan tetes mata atropin dosis rendah. Biasanya, obat ini digunakan untuk melebarkan pupil sebelum pemeriksaan mata, tapi juga dapat memperlambat perkembangan mata minus pada anak-anak dan remaja.

BACA JUGA:5 Cara Menghilangkan Mata Panda

BACA JUGA:6 Cara Mudah Melentikkan Bulu Mata, Anti Ribet!

Itu dia beberapa cara mengatasi gejala mata minus. Namun, pencegahan tetap menjadi langkah terbaik yang bisa Anda lakukan.

Untuk mencegah mata minus, disarankan untuk membatasi penggunaan gawai. Setiap 2 jam melihat layar, istirahatkan mata setidaknya 15 menit. Hindari membaca dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan, serta pastikan asupan vitamin A, vitamin C, dan lutein terpenuhi.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter untuk memastikan kesehatan mata Anda dan mencegah gejala mata minus menjadi lebih parah. (amp)

Kategori :