Lima Narapidana dengan Risiko Tinggi Dipindah ke Lapas Karanganyar Nusakambangan

Rabu 20-12-2023,11:19 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak lima orang narapidana yang tergolong memiliki risiko tinggi, dipindahkan ke Lapas dengan pengamanan super maksimum Karanganyar Nusakambangan. Kelima narapidana berasal dari Lapas kelas IIA Cianjur.

Pemindahan tersebut merupakan bagian kebijakan antar lembaga permasyarakatan untuk menjaga stabilitas keamaan di lingkungan lapas, serta sebagai bentuk prosedur optimalisasi pemindahan narapidana.

"Hal ini biasa terjadi di lingkungan Lembaga Permasyarakatan untuk menjaga stabilitas keamanan dari lapas asal maupun lapas tujuan," kata Kepala Lapas Karanganyar Hisam Wibowo, Rabu (20/12/2023).

Pemindahan melalui prosedur yang sangat ketat. Para narapidana telah menjalani pemeriksaan baik kesehatan, administrasi serta kelengkapan dokumen sebelum menyeberang ke pulau Nusakambangan.

BACA JUGA:Dua Nelayan Jatuh di Pantai Glempang Pasir Adipala, Satu Orang Meninggal, Satu Dalam Pencarian

BACA JUGA:Tingkat Pengangguran di Cilacap Masih Tinggi Capai 91.510 Orang

"Kita jalankan prosedur sesuai standar, kita lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, itu sebagai bentuk komitmen kami dalam melaksanakan tugas serta memberikan pelayanan," lanjutnya.

Selain itu, pemindahan tersebut sebagai langkah deteksi dini terhadap gangguan keamanan di lingkungan Lembaga Permasyarakatan serta mengurangi over kapasitas.

"Permasalahan yang biasa terjadi di lembaga permasyarakatan adalah kelebihan kapasitas, sehingga pemindahan tersebut diharapkan menjadi solusi," pungkasnya. (jul)

Kategori :