Tips Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Jumat 22-12-2023,06:12 WIB
Reporter : Fani Aristianti
Editor : Puput Nursetyo

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Tak hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi literasi juga merupakan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif.

Kemampuan literasi yang termasuk dalam penjelasan diatas sangatlah penting untuk dimiliki setiap individu apalagi khususnya para pelajar yang harus ditingkatkan untuk mencapai masa depan yang lebih optimal.

Diketahui rendahnya kemampuan literasi siswa dapat disebabakan oleh beberapa hal, salah satu diantaranya yaitu minat bakat yang ada dalam diri siswa itu sendiri seperti rendahnya minat belajar & rendahnya motivasi belajar, Bisa juga karena lingkungan keluarga atau iklim belajar yang kurang kondusif.

Kemudian kurangnya dorongan dari lingkungan sekolah dan masyarakat Indonesia yang merupakan masyarakat aliterat, serta pengaruh pergaulan yang kurang positif. Terdapat cara yang efektif untuk meningkatkan literasi di kalangan anak-anak maupun remaja khususnya para siswa seperti berikut ini.

BACA JUGA:Dijamin Ampuh! Berikut 5 Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku

BACA JUGA:Dorong Budaya Membaca, Perpustakaan Keliling di Cilacap Digiatkan

1. Rutinkan membaca 10 menit sebelum KBM

Sebelum berlangsungnya pembelajaran perlu dibuat aturan untuk kegiatan membaca minimal 10 menit untuk memberikan kesempatan siswa membaca buku yang terkait pelajaran yang akan dibahas.

Hal ini bisa berpengaruh bagi siswa untuk memiliki gambaran materi pelajaran yang akan mereka dapatkan, Selain itu juga berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang bacaan yang dibaca dapat meningkat sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan–pertanyaan dengan benar.

Selanjutnya yaitu tentu untuk mengembangkan keaktifan dan minat membaca siswa yang tinggi, Serta membuat pengalaman menerapkan strategi pembelajaran karena mudah dan lebih efektif. 

2. Belajar menulis, membuat, dan menghargai karya tulis 

Belajar menulis, membuat, dan menghargai karya tulis dengan ini guru dapat memberikan tugas kepada masing-masing siswanya untuk membuat karya tulis serta harus mengapresiasi dan menghargai karya tulis tersebut.

BACA JUGA:Siswa Harus Diajarkan Membaca Efektif

Kategori :