Kenali 5 Potensi Bahaya Eyelash Extension pada Kesehatan Mata Apabila Penggunaannya Tidak Tepat

Selasa 12-12-2023,06:33 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Admin

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penggunaan eyelash extension kini sedang populer di kalangan remaja dan bahkan anak-anak. Mereka tertarik menggunakan eyelash extension untuk mengikuti tren yang berkembang di media sosial. Sayangnya, penggunaan eyelash extension yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Penting untuk menyadari bahaya eyelash extension, terutama karena banyak anak muda dan anak kecil yang tertarik untuk mencobanya. Eyelash extension adalah salah satu metode perawatan kecantikan mata yang melibatkan pemasangan bulu mata tambahan pada setiap helai bulu mata asli.

Meskipun dianggap sebagai cara instan untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik secara alami, risiko kesehatan mata menjadi salah satu bahaya eyelash extension yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami potensi bahaya yang terkait dengan perawatan ini.

Berikut ini 5 bahaya eyelash extension pada kesehatan mata yang perlu Anda ketahui.  

1. Alergi dan Iritasi

Bahaya eyelash extension yang pertama adalah potensi terjadinya iritasi dan reaksi alergi. Terutama jika Anda memiliki kulit yang cenderung sensitif, bahan dasar dari eyelash extension dapat menyebabkan iritasi pada mata Anda. 

BACA JUGA:Seperti Inilah Mengatasi Mata Panda Pada Wajah yang Bisa Menganggu Penampilan

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kantung Mata dengan Bahan Alami

Perekat yang digunakan untuk melekatkan bulu mata ekstensi pada mata mungkin dapat menyebabkan timbulnya ruam atau bahkan memicu kemerahan dan munculnya gelembung air di sekitar area mata.

Beberapa temuan bahkan menunjukkan bahwa beberapa perekat eyelash extension yang beredar mengandung senyawa kimia formaldehida. Gabungan kondisi ini tentu dapat meningkatkan risiko terjadinya reaksi alergi terhadap perekat tersebut.

2. Rontoknya Bulu Mata

Rontoknya bulu mata merupakan bahaya eyelash extension. Menggunakan eyelash extension dalam jangka waktu yang berlebihan dapat menimbulkan tekanan pada bulu mata alami Anda. Hal ini disebabkan oleh bobot dari eyelash extension yang dapat memberikan beban pada bulu mata asli, menyebabkan kerontokan bulu mata alami.

Pada beberapa situasi, beberapa wanita mungkin memiliki akar bulu mata yang tidak begitu kuat, dan ini bahkan dapat menyebabkan kerontokan bulu mata yang bersifat permanen. Dalam konteks medis, kondisi ini dapat dikenal sebagai traction alopecia. Meskipun terlihat bahwa bulu mata menjadi lebih tebal akibat penggunaan eyelash extension, sebenarnya, bulu mata asli Anda mungkin mengalami penipisan.

Kategori :