Jangan Asal-asalan! Ini 6 Tips Memilih Jas Hujan yang Benar

Rabu 06-12-2023,06:12 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Puput Nursetyo

Penting untuk memilih jas hujan yang cocok dengan dimensi tubuh Anda, sehingga tidak menghambat kenyamanan saat berkendara. Disarankan untuk tidak hanya mempertimbangkan tinggi dan harga, melainkan juga memperhatikan ukuran lingkar pinggang Anda.

BACA JUGA:Selain Teh dan Kopi, Inilah 5 Resep Minuman Hangat yang Cocok untuk Musim Hujan!

BACA JUGA:Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Aquaplaning saat Berkendara di Musim Hujan!

Dikarenakan jas hujan dikenakan di luar pakaian, Anda dapat mencoba memilih yang sedikit lebih besar dari ukuran pakaian sehari-hari untuk memastikan kenyamanan dan keleluasaan saat penggunaannya.

4. Perhatikan Bagian Resletingnya

Berikan perhatian khusus pada bagian resleting pada saat memilih jas hujan. Untuk menjaga ketahanannya, disarankan memilih resleting yang terbuat dari bahan tembaga atau kuningan, karena bahan ini memiliki ketahanan terhadap kerusakan dan korosi yang baik.

Sebaiknya hindari resleting yang terbuat dari plastik atau besi. Resleting plastik cenderung lebih rentan terhadap kerusakan, sementara resleting besi memiliki risiko karat dan sulit untuk digunakan. Namun, jika memilih resleting besi, pastikan terdapat penutup untuk mencegah risiko karat yang mungkin timbul.

5. Pilih Bahan Jas Hujan yang Nyaman

Penting untuk memilih jas hujan dengan bahan yang sesuai agar tetap merasa nyaman saat menggunakannya. Disarankan untuk menghindari jas hujan yang terbuat dari plastik karena rentan sobek.

BACA JUGA:Simak 6 Tips Mencuci Baju saat Musim Hujan agar Tidak Bau Apek!

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ternyata Ini 5 Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Kehujanan!

Alternatif yang dapat dipertimbangkan adalah memilih jas hujan berbahan eva atau pvc, karena bahan ini memiliki daya tahan terhadap air dan memiliki pori-pori yang cukup padat. Meskipun demikian, jas hujan tersebut mungkin terasa cukup panas dan berat, yang dapat membatasi ruang gerak saat digunakan.

Selain pvc, terdapat juga pilihan jas hujan yang terbuat dari bahan parasut. Jenis jas hujan ini dapat menjadi opsi karena lebih ringan dan halus, sehingga mempermudah pergerakan. Namun, perlu diingat bahwa jas hujan berbahan parasut cenderung lebih rentan terhadap robekan, terutama pada penggunaan jangka panjang.

6. Hindari Jas Hujan Model Ponco

Kategori :