Begini Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Kotor dan Menguning

Minggu 19-11-2023,18:12 WIB
Reporter : Fani Aristianti
Editor : Puput Nursetyo

4.  Membersihkan sepatu putih menggunakan pemutih pakaian

Pemutih pakaian bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih yang kotor dan menguning, pembersih ini akan mengembalikan warna sepatu, sehingga sepatu putih akan tampak seperti baru.

Kamu perlu hati-hati dalam menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkan sepatu putih karena bahan ini bersifat korosif dan sebenarnya tidak terlalu baik jika sering menggunakannya.

Sikat bagian bercak noda saja tanpa menyikat bagian lain dan diamkan beberapa saat, gosok menggunakan sikat secara perlahan dan pastikan kotoran atau noda sudah betul-betul terangkat.

5.  Membersihkan sepatu putih menggunakan alkohol

Selanjutnya yaitu menggunakan alkohol, Caranya yaitu siapkan alkohol dan kipas kemudian tuangkan merata pada bagian yang terkena noda.  Dikarenakan alkohol adalah cairan yang bersifat keras, kamu perlu hati-hati ketika menggosoknya ke sepatu. 

BACA JUGA:Tips Mencuci Sepatu dengan Benar Agar Awet Lama dan Tetap Nyaman Dipakai

BACA JUGA:6 Cara Mencuci Sarung BHS Agar Tetap Awet

Selain cara efektif untuk membersihkan sepatu putih diatas, kamu juga dapat mengetahui hal berikut tips merawat sepatu kamu agar tetap terjaga kebersihannnya dan tidak cepat menguning kembali.

- Hindari mencucui sepatu dengan menggunakan mesin cuci pakaian karena putaran dan guncangannya dari mesin cuci ini bisa merusak bagian-bagian sepatu apalagi seperti sepatu jenis kulit sintetis yang mudah tergores.

- Rajin membersihkan sepatu, jika sepatu kamu terkena noda yang tak disengaja, pastikan untuk segera mencuci atau membersihkannya karena apabila terlalu lama dibiarkan maka akan sulit untuk dihilangkan.

- Hindarkan dari Terik Sinar Matahari Secara Langsung, Apabila sepatu putih kamu dibiarkan terpapar sinar matahari secara berlebihan, ultraviolet (UV) dari sinar matahari bisa merusak serat-serat dari bahan sepatu. Akibatnya, warna sepatu berubah dari putih menjadi kuning.

Itulah beberapa cara membersihkan sepatu putih yang kotor dan menguning, Setelah membersihkan sepatu putih kamu, sebaiknya simpan di tempat yang terhindar dari cahaya matahari maupun hujan. Simak juga penjelasan mengenai tips dan cara merawat sepatu putih agar terjaga kebersihan dan warnanya.(fni/*)

Kategori :