Mengenal Sarung BHS Sebagai Sarung Termahal di Dunia!

Jumat 17-11-2023,03:33 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya baik benda maupun tak benda. Sebagai suatu yang berhubungan, informasi mengenai Sarung BHS banyak dicari warganet karena harganya yang amat mahal.

Sarung BHS bukan hanya sekadar pakaian tradisional, tetapi juga menjadi simbol keindahan dan keanggunan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya Presiden yang pernah terlihat menggunakan sarung ini, namun wakil presiden, jajaran menteri dan pejabat lain juga kerap terlihat menggunakan sarung BHS terutama saat menghadiri acara Hari Raya dan Hari Santri.

Penasaran dengan Sarung BHS meliputi sejarah hingga jenis motifnya? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Terus Berkembang, Kecamatan Adipala, Cilacap Dorong Wisata Berbasis Budaya

BACA JUGA:Menjelajahi Sam Poo Kong, Destinasi Wisata Sejarah Dan Budaya Di Kota Semarang

Mengenal Sarung BHS

Sarung BHS memiliki akar sejarah yang dalam dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kata "BHS" dalam nama sarung ini sebenarnya merupakan singkatan dari "Batik, Handwoven, and Songket," yang mencerminkan teknik pembuatannya.

Sarung BHS telah menjadi bagian penting dari pakaian tradisional Indonesia, digunakan dalam berbagai upacara adat, pernikahan, dan acara keagamaan.

Adapun penjabaran dari BHS yakni B berarti Batik adalah teknik pewarnaan kain dengan pola tertentu menggunakan lilin. Sarung BHS seringkali dihiasi dengan motif batik yang indah dan makna simbolis.

Berikutnya ada H yang berarti Handwoven (Tenun Tangan). Merujuk pada proses pembuatan sarung BHS melibatkan teknik tenun tangan, di mana setiap serat benang ditenun secara manual menjadi pola yang indah dan unik.

BACA JUGA:Grebeg Sudiro, Bukti Indahnya Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa

BACA JUGA:Grebeg Maulud Solo, Perpaduan Budaya dan Agama

Terakhir ada S yang berarti Songket. Songket adalah teknik membuat kain dengan menenun benang emas atau perak ke dalam benang dasar. Penggunaan songket dalam sarung BHS memberikan sentuhan kemewahan dan keanggunan.

Kategori :