Tips Mengajarkan Anak Agar Tidak Menyakiti Diri Sendiri

Kamis 02-11-2023,13:47 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Perilaku menyakiti diri, terlebih secara sengaja dikenal dengan sebutan self harm, merupakan suatu tindakan kekerasan terhadap dirinya sendiri.

Hal ini bisa saja dilakukan oleh anak karena perasaan kurang baik, teringat akan kenangan yang menyakitkan atau bahkan situasi yang sedang tidak sesuai dengan harapan.

Pada beberapa orang, kondisi ini ditunjukkan dengan menyakiti diri atau self harm, sebagai salah satu cara untuk menghadapi beberapa hal berat yang sedang terjadi.

Saat melakukan tindakan menyakiti diri sendiri, biasanya juga bisa menggunakan benda tajam atau benda apa saja yang dianggap bisa menyakiti diri sendiri.

BACA JUGA:Tips Menahan Emosi Ketika Bertengkar Dalam Keluarga!

BACA JUGA:Tips Cerdas Membeli Smartphone!

Adanya perilaku seperti ini dilakukan juga secara sadar oleh masing-masing pribadi, menjadi salah satu tanda adanya masalah tentang psikologis.

Kondisi seperti ini menjadi hal yang merugikan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain yang berada disekitarnya dan perlu adanya bantuan para profesional.

Kondisi menyakiti diri sendiri bisa dilakukan oleh semua orang tanpa batasan usia. Namun, yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa kondisi ini akan sangat membahayakan jika terjadi pada anak-anak, terlebih yang masih berusia dibawah umur.

Tips Mengajarkan Anak Agar Tidak Menyakiti Diri Sendiri

BACA JUGA:Tips Agar Anak Makannya Lahap, Mudah, Tidak Perlu Memaksakan!

 

BACA JUGA:Tips Sederhana Meningkatkan Quality Time Bersama Keluarga

Dan berikut merupakan tips dalam mengajarkan anak pentingnya untuk tidak menyakiti diri sendiri:

1. Mengajak Anak untuk Berbagi Cerita

Kategori :