Tips Mengajarkan Anak Agar Tidak Menyakiti Diri Sendiri

Kamis 02-11-2023,13:47 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Laily Media Yuliana

Tips pertama yang bisa dilakukan dalam mengajarkan anak untuk tidak menyakiti dirinya sendiri adalah dengan mengajaknya untuk bisa berbagi cerita kepada orang tuanya.

Karena orang tua merupakan orang terpenting yang harus mengetahui setiap permasalahan yang sedang terjadi pada anaknya, telebih jika memang masih sangat memerlukan bimbingan orang tuanya.

BACA JUGA:Tips Mengajari Anak Mandiri Sejak Dini

BACA JUGA:Tips Menciptakan Kebahagiaan Keluarga, Agar Terus Harmonis.

Biasanya kasus ini pun bisa ditemukan dengan alasan sang anak yang merasakan kesepian karena tidak memiliki media atau tidak ada peran orang dalam bercerita.

Maka dari itu, para orang tua juga diharapkan bisa aktif dan bisa menjadi orang pertama yang dipercaya oleh anaknya untuk bisa berbagi cerita bersama.

2. Jangan Langsung Menyudutkan atau Menyalahkan Anak

Tips yang kedua ini pun adalah saat anak mulai bisa berbagi cerita, para orang tua ada baiknya untuk tidak langsung mengambil kesimpulan untuk menyalahkan situasi yang sedang dialami sang anak.

BACA JUGA:Tips Mengatur Pola Hidup Sehat Bersama Keluarga

BACA JUGA:Simak Baik-baik, Inilah Tips Mengatasi Stres bagi Orang Tua

Adapun cara yang dirasa lebih efisien adalah dengan bisa mendengarkan ceritanya hingga selesai dan memberi nasihat yang bisa diterima baik oleh anak.

Karena adanya interaksi ini bisa menjadi suatu hal yang baik dari pada saat orang tua langsung menyudutkan anak yang bisa membuat anak menjadi lebih tertutup.

3. Membantu Anak dalam Mencari Solusi

Kategori :