Kasus Heat Stroke di Berbagai Negara, Indonesia Masih Relatif Aman!

Kamis 19-10-2023,12:11 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

BACA JUGA:Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai, Rawan Terjadi Karena Cuaca Ekstrem!

BACA JUGA:Tips Pencegahan Heat Stroke, Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem!

Penanganan Awal Orang Terkena Heat Stroke

Penanganan awal orang terkena heat stroke menurut kementerian kesehatan republik Indonesia ada beberapa langkah. Pertama, silakan untuk memindahkan korban ke tempat yang dingin atau lebih efektif ruangan yang ber-AC.

Dengan begitu korban akan menurunkan suhu tubuhnya lebih mudah karena terbantu suhu lingkungan. Berikutnya kompres orang yang terkena heat stroke atau sengatan panas dengan kain basah yang dingin atau bisa membasahi kain dengan air es.

Selanjutnya kalian juga bisa menggunakan kipas angin yang diarahkan kepada tubuh korban. Jika tidak ada tanda perubahan suhu pada tubuhnya maka bisa dengan menyiram korban dengan menggunakan air dingin.

Teruslah untuk melanjutkan tindakan tersebut hingga suhu tubuh di bawah 38 derajat celcius. Jika tak juga ada perubahan maka bergegaslah untuk membawa korban ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan dokter.

BACA JUGA:Memahami Apa Itu Heat Stroke, Serta Langkah Pencegahan dan Penanganannya!

BACA JUGA:Cuaca Panas Ekstrem di Purbalingga, 38.484 Jiwa Terdampak Kekurangan Air Bersih

Pencegahan Heat Stroke

Adapun pencegahan heat stroke sendiri, kalian bisa menggunakan baju yang tipis, longgar, dan berwarna terang sehingga bisa memantulkan sinar matahari. Saat beraktivitas lama di bawah paparan matahari juga bisa menyiasati menggunakan topi lebar.

Berikutnya kalian bisa menggunakan lotion ber-SPF seperti sunblock dan sunscreen agar kulit tidak mendapatkan paparan langsung dari sinar UV matahari yang bersifat membakar.

Selanjutnya kalian harus sedia air mineral agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta menghindari aktivitas yang terlalu berat dalam waktu lama tanpa istirahat.

Selain itu, kalian juga tidak dianjurkan untuk berolahraga saat cuaca sedang teramat panas terlebih jika olahraga kalian lari yang terpapar langsung sinar matahari.

BACA JUGA:Tips Pencegahan Heat Stroke, Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem!

BACA JUGA:10 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas

Kategori :