Tips agar Motor Kamu Anti Pencurian, Apalagi Kalian Anak Kost Wajib Tahu

Kamis 12-10-2023,11:17 WIB
Reporter : Dika Aruna
Editor : Bayu Indra Kusuma

1. Kunci Setang Kalian ke Arah Kanan

Para pemilik motor umumnya akan mengunci setang motornya. Kebanyakan pemilik sering mengunci setang motornya ke arah kiri. Padahal mengunci setang ke kanan lebih aman daripada ke kiri.

Alasanya kenapa mengunci setang ke arah kanan lebih aman adalah bertujuan untuk memberikan ruang yang kebih kecil di bagian lubang kunci kontak. Tentunya ini membuat pencuri kesusahan untuk mencuri.

Itulah mengapa kalian perlu mengunci setang kalian ke arah kanan daripada kea rah kiri. Jika motor kalian sudah menggunakan system kunci jarak jauh, pastikan tuas menghadap ke arah lubang kunci.

2. Parkir Motor di Tempat yang Aman

Sebagai anak kost tentunya kalian harus mencari temopat parkir motor yang aman. Jika kost kalian menyediakan parkiran dengan pagar itu lebih bagus.

BACA JUGA:Sukses Rakit Sepeda Motor Listrik, IKM Purbalingga Bakal Produksi Sepeda Listrik

BACA JUGA:Tiga Motor Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Yos Sudarso Purwokerto Barat, Satu Pengendara Meninggal di Lokasi

Jika kost kalian memiliki CCTV kalian bisa parkir motor kalian di area yang dilihat oleh CCTV. Ini berguna untuk membuat para pencuri ragu untuk mencuri motor kalian.

Kalau kost kalian memiliki garasi yang lumayan dalam, kalian bisa parkir di bagian paling ujung agar pencuri kesulitan untuk kabur dengan motor kalian.

3. Memanfaatkan Fitur SKS (Secure Key System)

SKS atau Secure Key System adalah fitur keamanan yang diberikan oleh pabrikan setiap motor sekarang sebagai pengaman lubang kunci motor.

SKS biasanya terletak bagian kunci motor yang dikunci apabila kunci sudah dicabut. Dengan adanya fitur ini akan memperlambat pencuri dalam melakukan pencurian dan memberi waktu bagu pemilik.

BACA JUGA:Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Polisi Amankan 18 Sepeda Motor di Purbalingga

BACA JUGA:Kecelakaan Beruntun 2 Truk dan 1 Motor di Rawalo Banyumas, Begini Kronologinya

4. Cabut Fuse (sekring)

Kategori :