Ramah Lingkungan! Inilah 5 Daun yang Bisa Dijadikan Pembungkus Makanan

Kamis 14-09-2023,16:49 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Alma Meidhita

BACA JUGA: Langka, Kades Buniayu Lestarikan Baby Walker Tradisional dari Bambu

BACA JUGA:Mengenal Sepeda Bambu GORo Hasil Tangan UMKM yang Mendunia


Namun, ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika menggunakan daun tersebut untuk membungkus makanan. Bulu-bulu halus yang ada di permukaan daun bambu harus dihilangkan dulu agar tidak menempel pada makanan. Caranya yaitu dengan merebus daun tersebut sebelum digunakan.


Makanan yang dibungkus dengan daun bambu antara lain kue gambir, bakcang, dan lontong berbentuk segitiga.


Selain itu, di desa Adisara Kabupaten Banyumas, daun bambu sering dimanfaatkan sebagai alas bandeng. Daun tersebut dipercaya bisa menambah cita rasa dan mengurangi rasa asin berlebihan pada bandeng presto.


3.Daun Pepaya


Meski memiliki rasa yang pahit, ternyata daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Contohnya buntil khas Banyumas.


Buntil yang biasa dijadikan lauk oleh sebagai masyarakat jawa ini berisi parutan kelapa dengan campuran rempah dan ikan teri. Bahan bahan tersebut dibungkus rapi dengan daun pepaya. Lezat!
Selain bisa dijadikan buntil, daun pepaya ternaya bisa digunakan untuk membungkus daging agar lebih empuk loh.

BACA JUGA:Buntil Kutasari, Kuliner Khas Purbalingga yang Rasanya Maknyus

BACA JUGA:DCF 2020, Potong Rambut Gimbal Disertai Permintaan HP, Kalung, Bahkan Buntil dan Bakso


4.Daun Jati


Selain dikenal sebagai pohon yang menghasilkan kayu dengan mutu tinggi. Ternyata daun dari pohon jati juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan.


Daunnya yang cukup tebal membuat makananan yang dibungkus daun jati tetap panas. Selain itu, makanan yang dibungkus dengan daun tersebut memberikan aroma yang lebih nikmat.


Contoh makanan yang dibungkus dengan daun jati yaitu nasi Jamblang khas Cirebon. Selain itu, daun jati juga biasa digunakan untuk membungkus tempe oleh sebagian masyarakat Banyumas. Selain tidak mudah sobek, daun jati ternyata bisa mempercepat proses fermentasi kedelai saat pembuatan tempe.


5.Daun Jagung


Selain bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan, ternyata daun jagung bisa dijadikan pembungkus makanan.

Kategori :