Ramah Lingkungan! Inilah 5 Daun yang Bisa Dijadikan Pembungkus Makanan

Kamis 14-09-2023,16:49 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Alma Meidhita

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Pada zaman dahulu sebelum plastik ditemukan, ternyata nenek moyang kita sering memanfaatkan beberapa jenis daun sebagai pembungkus makanan loh. Faktanya, selain ramah lingkungan, membungkus makanan dengan daun ternyata dapat memberikan aroma dan juga warna yang khas.


Mungkin kita seringkali menjumpai beberapa makanan yang dibungkus daun pisang. Jenis daun tersebut terbilang lumrah dan banyak digunakan karena bahannya yang mudah ditemui di banyak tempat.


Tapi ternyata, di daerah lain masih ada beberapa jenis daun lain yang biasa dijadikan pembungkus makanan. Bahkan daun tersebut lebih lumah mereka gunakan dibangdingkan daun pisang.
Lalu apa saja jenis daun yang dimaksud? Berikut daftar 5 jenis daun yang bisa dijadikan pembungkus makanan.


1.Daun Kelapa

Siapa yang tidak tahu pohon kelapa. Pohon dengan sejuta manfaat mulai dari ujung akar hingga daunnya.


Daun kelapa merupakan salah satu jenis daun yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan.

BACA JUGA:Variasi Bentuk Ketupat Warnai Bada Kupat Desa Watuagung

BACA JUGA:Produksi Ribuan Ketupat, Dikirim Pula Sampai Luar Kota

Tapi tunggu, daun kelapa yang bisa dijadikan pembungkus makanan tidak sembarangan loh. Yang bisa digunakan sebagai pembungkus makanan hanyalah daun kelapa yang masih muda atau biasa kita sebut janur.


Di Indonesia, beberapa makanan yang dibungkus dengan daun kelapa cukup sering kita jumpai. Terlebih saat Lebaran, makanan berbahan dasar beras yang disebut ketupat tersebut menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya.


Tak hanya ketupat, ada beberapa makanan tradisional lain yang dibungkus dengan daun kelapa seperti lepet dan clorot.


2.Daun Bambu

Jenis daun kedua yang sering dijadikan pembungkus makanan yaitu daun bambu. Tak hanya batangnya yang bermanfaat, daun bambu ternyata sering diguanakan sebagai pembungkus makanan.

Kategori :