Tahun 2023 Pemeriksaan Kesehatan Haji Tahap I Tidak Ada

Minggu 01-01-2023,14:10 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : admin

PURWOKERTO - Dalam kegiatan review manasik kesehatan haji dan penguatan Siskohatkes, pihak provinsi menginformasikan yang mennjadi perbedaan pemeriksaan kesehatan haji tahun 2022 dan 2023 adalah tidak adanya pemeriksaan tahap I.

Pengelola Program Kesehatan Haji Dinkes Jawa Tengah, Anis Tri Wahyuni, SKM dirinya mengapresiasi KanKemenag Banyumas karena telah memberikan data calon-calon jemaah yang diprediksi berangkat tahun ini ke Dinkes Banyumas. Dengan data yang sudah ada, puskesmas dapat mulai melaksanakan pembinaan kepada calon jemaah haji dengan skrining.

"Dimasukkan Prolanis atau kalau ada Posbindu serta kegiatab yang lain. Jadi calon jemaah haji itu senang tidak perlu membayar," katanya.

Anis menegaskan yang terpenting akhir dari pembinaan calon jemaah haji dari masing -masing puskesmas dapat memetakan jumlah calon jemaah haji resiko tinggi dan non resiko tinggi tahun 2023.

"Intinya sepert itu. Silahkan untuk pemerikasaan kesehatan haji tahap II untuk pentuan istitoahnya akan dilaksanakan kapan," terangnya.

Dirinya juga berpesan kepada puskesmas agar kunjungan rumah diperkuat. Yang tidak kalah pentingnya kuncinya ketika puskesmas bisa mengedukasi kepala KBIH pembinaan kesehatan calon jemaah haji menjadi lebih enak.

"Tinggal edukasi ke mereka (kepala KBIH), mereka akan menyampaikan sendiri kepada jemaahnya," pungkas Anis. (yda)

Tags : #haji
Kategori :