Roadshow Pemulihan Ekonomi Bantu Pemasaran Produk Lokal

Senin 07-11-2022,19:04 WIB
Reporter : Budi Cahyo Utomo - Radarmas
Editor : Tangkas Pamuji

PURBALINGGA-Roadshow Pemulihan Ekonomi yang digelar Pemkab Purbalingga bersama Dinas Koperasi dan UKM serta stakeholder lainnya diharapkan bisa membantu pemasaran produk lokal. Potensi produk lokal yang dipasarkan dalam roadshow tersebut diharapkan bisa dikenal luas oleh masyarakat Purbalingga dan luar Purbalingga.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM dalam acara Roadshow pemulihan ekonomi di Desa Cendana Kecamatan Kutasari, Senin (7/11). Dalam roadshow itu, sejumlah produk unggulan dari Kecamatan Kutasari dihadirkan seperti buntil kutasari, kerajinan batok kelapa dari Desa Meri, kerajinan sapu dari Desa Munjul, gula kelapa dan berbagai kuliner lainnya.

Selain membantu pemasaran, dalam roadshow itu juga dilakukan pendistribusian bantuan atau stimulan di bidang ekonomi untuk kelompok UMKM maupun kelompok tani. Diantaranya adalah bantuan permodalan berupa subsidi bunga, bantuan Kredit Mawar dari BPR Artha Perwira, dan bantuan dari BUMD yang lain.

Lebih menggembirakan lagi, dalam setiap roadshow pemulihan ekonomi, juga digelar pasar murah. Menurut Bupati, hal ini merupakan arahan dari Presiden dalam upaya menangani inflasi akibat kenaikan harga BBM. “Pasar murah kali ini dialokasikan untuk 550 warga dari Desa Cendana dan desa lainnya di Kecamatan Kutasari. Setiap roadshow pemulihan ekonomi, akan digelar juga pasar murah,” tutur Bupati Tiwi.

Kepala Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga, Bambang Triono SKM MSi mengatakan, roadshow pemulihan ekonomi diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat melalui gelar produk-produk binaan BUMDes, anggota PKK dan produk UMKM lokal setempat. Kegiatan roadshow juga menjadi media untuk mendekatkan pelayanan dinas dan mempermudah legalitas usaha dari para pelaku usaha setempat dengan adanya On The Spot Service. Hal ini sesuai dengan inovasi NEW PLUT yakni PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) yang lebih aktif dan responsive dengan sistem pelayanan Dadumanis atau Datang, Duduk, Mendapat Informasi dan Fasilitasi. Adapaun pelayanan yang dibuka adalah penerbitan NIB, SPIRT, Hak Kekayaan Intelektual/Merk, sertifikasi halal, akses perbankan, perizinan koperasi dan konsultasi usaha dengan melibatkan PLUT Purbalingga, Rumah BUMN, perbankan, PPKL dan pelayanan dinas. (bdg/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait